Breaking News:

Yogyakarta

Perusahaan yang Telat Membayar THR Harus Segera Membayarkan THR beserta Dendanya

Pengusaha yang terlambat membayar THR keagamaan pada pekerja/buruh dikenai denda sebesar 5% dari total THR yang harus dibayar.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
dok.istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY mencatat hingga Selasa (18/5/2021) pukul 14.00 WIB, terdapat 194 aduan terkait pencairan THR.

Sementara jumlah perusahaan/badan usaha yang diadukan sebanyak 84 perusahaan.

Disnakertrans DIY telah menindaklanjuti aduan tersebut, dan 50 perusahaan telah melakukan kewajibannya membayarkan THR ke para karyawan.

Selain itu juga dilakukan penegakan peraturan ke 34 perusahaan lainnya.

Terkait hal masih adanya perusahaan atau badan usaha yang bermasalah dalam pencairan THR, Sekjen DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) DIY Irsad Ade Irawan mengatakan bahwa hal ini dampak dari kebijakan pemerintah yang tidak konsisten dan cenderung tidak tertib dengan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Sebanyak 84 Perusahaan Diadukan ke Disnakertrans DI Yogyakarta

"Yang dimaksud dengan tidak konsisten adalah bahwa THR seharusnya adalah hak buruh yang harus dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum Idulfitri. Tapi kemudian dalam praktiknya di dua kali Lebaran ini ada perbedaan dalam pencairan THR, yang pertama boleh dicicil dan yang kedua boleh terlambat paling lambat sebelum hari raya," ujarnya, Selasa (18/5/2021).

Menurutnya, kondisi ini menimbulkan ketidakpastian hukum antara apa yang tertulis dalam peraturan perundang-undangan kemudian dengan mudahnya diganti dengan Surat Edaran Menteri.  

Maka ke depan, imbuhnya, seharusnya pemerintah dapat konsisten jika membuat peraturan perundangan.

Jangan gampang berubah dengan mengeluarkan SE, karena ini akan menimbulkan kekisruhan dalam sistem hukum, proses advokasi, maupun pembayaran THR kepada buruh.

Ia pun meminta agar Disnakertrans DIY dapat bekerjasama dengan KSPSI DIY dan melakukan pendampingan terhadap perusahaan yang belum membayar THR.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved