Breaking News:

Berita Kesehatan

Tanda Diabetes yang Muncul di Bagian Jari Kaki : Dipicu oleh Naiknya Kadar Gula Darah

Neuropati perifer adalah istilah medis untuk menggambarkan serabut saraf yang rusak akibat kadar gula darah tinggi tersebut.

Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Medical News
Ilustrasi Diabetes Tipe 2 

TRIBUNJOGJA.COM - Gejala diabetes tipe 2 pada awalnya sering kali tidak terlihat, tetapi kadar gula darah yang tinggi secara konsisten dapat meningkatkan perubahan yang lebih nyata. Dr Paul Ettlinger, GP di The London General Practice, menguraikan tanda peringatan atau gejala diabetes yang muncul di jari kaki Anda.

Diabetes tipe 2, seperti tekanan darah tinggi , tidak mengganggu pada awalnya dan mungkin tetap demikian selama bertahun-tahun.

Kondisi ini sering muncul dengan sendirinya ketika kadar gula darah tinggi.

Ilustrasi
Ilustrasi (dok.istimewa)

Jika ini berlangsung secara konstran, maka akan mulai menimbulkan kerusakan pada tubuh.

Banyak dari efek merusaknya dapat muncul di jari-jari kaki Anda.

Baca juga: Inilah Sensasi di Kepala yang Menandakan Kadar Gula Darah Anda Terlalu Tinggi

Menurut Paul salah satu tandanya adalah mati rasa pada jari kaki bisa menjadi tanda bahwa kadar gula darah Anda sudah terlalu tinggi dalam waktu yang terlalu lama.

Neuropati perifer adalah istilah medis untuk menggambarkan serabut saraf yang rusak akibat kadar gula darah tinggi tersebut.

Menurut dia, ujung serabut saraf terpanjang sering kali menjadi yang pertama mengalami kerusakan - ini membantu menjelaskan mengapa kaki begitu rentan.

Baca juga: Berapakah Angka Harapan Hidup Penderita Komplikasi Diabetes? Ini Jawabannya

Terlebih lagi, kehilangan perasaan dapat berarti bahwa luka atau kerusakan pada jari kaki, seperti kuku yang tumbuh ke dalam, dapat meningkat menjadi sesuatu yang lebih buruk.

Menurut Paul, kaki penderita diabetes juga lebih mungkin mengalami pertumbuhan bakteri dan infeksi akibat peningkatan gula di jaringan kaki. Serta gangguan suplai darah sering kali menyebabkan metabolisme yang lebih rendah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved