Breaking News:

Lebaran 2021

Bagi Pemudik, Ini yang Harus Disiapkan sebelum Kembali ke Jakarta

Surat bebas Covid-19 adalah syarat yang harus dimiliki setiap pemudik sebelum ke perantauan, menurut Polda Metro Jaya.

Editor: Joko Widiyarso
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (kanan) dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (kiri) memberikan keterangan pers usai menggelar rapat koordinasi antisipasi arus balik lebaran 2021 di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (14/5/2021). Gubernur Anies Baswedan dalam hasil rapat akan melakukan dua langkah antisipasi penyebaran COVID-19 dari arus balik lebaran yakni melakukan "screening" di pintu masuk menuju ibukota serta monitoring melalui gugus tugas di tingkat RW bagi warga yang masuk dengan pengecekan kesehatan rapid tes antigen dan melaporkan kondisi di wilayahnya melalui aplikasi khusus. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Pemudik Lebaran 2021 yang hendak balik ke Jakarta harus mempersiapkan syarat untuk kembali ke Ibu Kota.

Surat bebas Covid-19 adalah syarat yang harus dimiliki setiap pemudik sebelum ke perantauan, menurut Polda Metro Jaya.

"Warga Jakarta yang mudik yang akan masuk ke Jakarta diwajibkan membawa surat antigen bebas Covid-19 dari daerah mereka mudik, diperlihatkan surat bebas Covid-19 di titik pemeriksaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta, Jumat (14/5/2021), dikutip Tribun Jogja dari Antara via Kompas.com.

Yusri menjelaskan Kepolisian akan melakukan pemeriksaan kelengkapan surat bebas COVID-19 tersebut mulai Minggu (16/5).

Setelah Lebaran Polda Metro Jaya akan mendirikan pos pemeriksan di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan di Pos Cikupa.

Untuk ruas jalan arteri, pemeriksaan surat bebas Covid-19 akan dilakukan di Jatiuwung serta Kedungwaringin.

"Teknisnya semua kita lakukan pemeriksaan, bahwa semua pengendara wajib memperlihatkan surat bebas COVID-19," katanya.

Baca juga: PRAKIRAAN Cuaca DI Yogyakarta Sabtu 15 Mei 2021, Hujan Tipis-tipis di Sleman

Baca juga: 68 Mobil dan 15 Sepeda Motor Gagal Masuk Bantul karena Penyekatan

Baca juga: GUNUNG MERAPI Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 1,8 Km Tadi Malam

Yusri juga mengimbau kepada pemudik untuk lebih dulu melakukan tes usap (swab test) antigen sebelum kembali ke Jakarta untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan.

Polda Metro juga akan menyiapkan layanan tes usap antigen bagi kendaraan yang hendak masuk ke Jakarta, namun tidak membawa surat bebas Covid-19.

"Kalau tidak ada kita akan buka 'drive thru' dan 'random sampling' untuk 'swab' antigen, tapi untuk lebih memudahkan supaya tidak terhambat di jalan, tidak terjadi kemacetan sebelum berangkat sebaiknya dilakukan swab antigen," katanya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved