Breaking News:

Pendidikan

Siapkan Prodi dan Fakultas Baru, UAJY Minta Dukungan dan Restu Gubernur DIY

UAJY tidak hanya akan membangun Fakultas Kedokteran, tapi juga merencanakan pembukaan prodi Teknologi Pangan dan S2 Akuntansi.

Penulis: Ardhike Indah
Editor: Gaya Lufityanti
uajy.ac.id
Kampus UAJY 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) meminta dukungan dan restu Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X terkait pembentukan fakultas dan program studi (prodi) baru di kampus tersebut.

“Kami bermaksud mengenalkan prodi baru di universitas kami untuk mendukung Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan. Kami mohon doa restu supaya rencana pembentukan Fakultas Kedokteran dan prodi lain mendapat restu dari Sri Sultan,” ujar Rektor UAJY, Prof Ir Yoyong Arfiadi MSc PhD, Selasa (11/5/2021).

Untuk itu, pihaknya sudah melakukan audiensi dengan Sultan di Gedhong Wilis, Kepatihan, Senin (10/5/2021) siang.

Baca juga: UAJY Gelar Vaksinasi Massal untuk 1.200 Orang, Tekan Penyebaran Covid-19 di Tingkat Kampus

Dijelaskan Yoyong, UAJY tidak hanya akan membangun Fakultas Kedokteran, tapi juga merencanakan pembukaan prodi Teknologi Pangan dan S2 Akuntansi.

“Ke depan, kami merencanakan prodi lain untuk mengembangkan pendidikan di Yogyakarta yang tentunya lebih berkualitas,” imbuh Yoyong.

Ia melanjutkan, dari hasil audiensi itu, Sultan berharap UAJY dapat berperan lebih banyak dalam meningkatkan kapasitas dan sertifikasi lulusannya.

Dengan demikian, diharapkan para lulusan semakin berluang untuk berkarya di mana pun berada. 

“Ya, Ngarsa Dalem juga berharap UAJY juga dapat membuka potensi kerjasama dengan Pemda DIY, seperti halnya kerjasama yang telah dilakukan dengan universitas lain,” tuturnya lagi.

Baca juga: FISIP UAJY Dorong Mahasiswa Agar Go Internasional

Sebagai universitas yang telah lama beroperasi sejak tahun 1965, Yoyong mengutarakan, UAJY berupaya menyelenggarakan pendidikan bermutu.

“Kita kan harus menyediakan beragam jenis prodi di Yogyakarta. Selama ini, kami berusaha menyelenggarakan pendidikan bermutu sehingga kami memberanikan diri sesuai rencana induk pengetahuan di universitas kami,” jelasnya.

Lebih lanjut, Yoyong berpendapat bahwa Yogyakarta memiliki banyak hal yang perlu dikembangkan.

“Saya kira, DIY ini perlu memikirkan kebutuhan internasional. Jadi, yang perlu dipikirkan universitas, kompetensi dan sertifikasi kerja juga. Supaya lulusan kita bisa bekerja di banyak tempat termasuk juga bekerja di luar negeri,” tambahnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved