Breaking News:

Rubrik Otomotif Gaspol 52, Restorasi Total Suzuki A100 A2 yang Hanya Ada 100 Unit di Indonesia

Motor pada awal pada pertengahan tahun 60-an merupakan barang langka yang tidak dapat dimiliki oleh banyak orang. Di era milenial ini, motor lawas

TRIBUNJOGJA/ Hanif Suryo
Suzuki A100 A2 milik Thamrin Budi Laksono. 

TRIBUNJOGJA.COM - Motor pada awal pada pertengahan tahun 60-an merupakan barang langka yang tidak dapat dimiliki oleh banyak orang.

Di era milenial ini, motor lawas yang dulunya cuma dimiliki oleh segelintir orang kini menjadi makin susah dicari, ada yang rusak dimakan waktu ada yang disimpan oleh pemiliknya.

Sebab itu, bagi para kolektor motor lawas, menemukan motor yang diproduksi pada berpuluh-puluh tahun lalu menjadi semakin menantang.

Satu di antara motor lawas yang bisa dibilang sangat langka di Indonesia ialah Suzuki A 100 versi mark 2 atau yang biasa disebut Suzuki A2.

Baca juga: Momen Penuh Haru, Ridwan Kamil Akhirnya Bisa Memeluk Sang Istri Setelah Terpisah Selama 3 Minggu

Motor Suzuki A100 A2 ini adalah motor 'laki' pertama Suzuki yang dijual untuk pasar Indonesia.

"Saya sejak lama kan memang menyukai motor-motor lawas pabrikan Suzuki. Kemudian, terbesit keinginan untuk mencari motor Suzuki apa sih yang langka. Setelah baca-baca referensi, yang langka itu jenis Suzuki A100 A1. Namun type ini sejarahnya tidak masuk ke Indonesia," ujar owner Suzuki A2 asal Yogyakarta, Thamrin Budi Laksono kepada Tribun Jogja beberapa waktu lalu.

"Sebab itu, kemudian mengalihkan incaran ke Suzuki A2, yang sejarahnya cuma masuk 100 unit saja di Indonesia. Dan benar, setelah dicari ternyata susah juga Suzuki A2 ini," tambah pria yang berprofesi sebagai kontraktor spesialis kolam renang ini.

Dilansir Tribun Jogja dari laman suzuki.co.id, Suzuki A100 pertama diproduksi di Jepang pada 1960-an dan di India pada 1973-an dengan nama AX100.

Bahkan di Indonesia, A100 pernah digunakan oleh Pos Indonesia untuk mengantar barang maupun surat. A100 yang memiliki jasa untuk mengantar surat ini dibekali mesin satu silinder berkapasitas 98 cc yang menghasilkan tenaga 9,3 dk pada 7,500 rpm.

Memang bukan termasuk kencang untuk motor yang beratnya 83 kg dan dibekali tangki berkapasitas 7 liter.

Halaman
123
Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved