Breaking News:

Penyekatan Mudik 2021

Penyekatan Jalur Mudik Daerah Istimewa Yogyakarta, Jalur Tikus Tak Luput Dipantau

Ratusan pemudik dilaporkan mulai berdatangan ke Gunungkidul lewat jalur darat. Mereka datang tepat sebelum larangan mudik Lebaran 2021

Google
Gapura perbatasan DI Yogyakarta dan Jawa Tengah 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Gunungkidul bersiap melaksanakan penyekatan dalam rangka larangan mudik Lebaran 2021.

Adapun pelaksanaannya berlangsung mulai Kamis (06/05/2021).

Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan mengatakan ada dua Pos Penyekatan utama.

Namun tak menutup kemungkinan jalur masuk lainnya akan ikut dipantau.

"Termasuk jalur-jalur tikus yang mungkin akan dilewati pemudik, itu juga akan kami pantau," kata Agus usai gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo di Alun-alun Wonosari, Rabu (05/05/2021).

Ia menjelaskan, pihaknya sebisa mungkin berupaya agar larangan mudik tersebut benar-benar dipatuhi oleh para pendatang. Hal itu dilakukan guna meminimalisir potensi lonjakan kasus baru COVID-19.

Adapun Pos Penyekatan akan didirikan di Hargodumilah, Patuk dan Bedoyo, Ponjong. Sesuai instruksi, Agus mengatakan kendaraan dan pengendara dari luar Gunungkidul dan DIY akan diperiksa kelengkapan persyaratannya.

"Kalau tidak memenuhi syarat maka opsinya adalah putar balik arah, tidak boleh masuk Gunungkidul," jelasnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Martinus Sakti mengatakan proses penyekatan akan berlangsung selama 24 jam penuh. Pelaksanaannya berlangsung pada 6-17 Mei 2021.

Teknis penyekatan nantinya mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 13/2021 serta Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) COVID-19. Keduanya terkait dengan peniadaan mudik Lebaran 2021. "Beberapa hari lalu sudah kami mulai penyekatan, tapi di jam-jam tertentu," jelas Martinus pada wartawan.

Halaman
1234
Penulis: Tribun Jogja
Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved