Breaking News:

Paket Makanan Misterius Berujung Maut

Kasus Sate Beracun, Pakar Farmasi UGM : Kalium Sianida Sedikit Lebih Toksis

Natrium sianida dan kalium atau potasium sianida menimbulkan efek yang hampir mirip, namun kalium sianida bersifat lebih toksis atau lebih kuat.

Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Polres Bantul terus melakukan pendalaman kasus sate maut yang menewaskan NFP (10) pada Minggu (25/4/2021).

Kanit Reskrim Polres Bantul, AKP Ngadi mengatakan tersangka NA (25) mengaku membeli racun sianida hanya untuk memberi pelajaran kepada T  -lelaki yang ditarget menerima paket sate beracun- dengan menimbulkan efek diare.

Menurut Ngadi, tersangka membeli racun tersebut melalui e-commerce sekitar Maret lalu.

Tersangka memesan sodium sianida, namun barang yang diterima adalah kalium sianida. 

Baca juga: Sianida Racun Pembunuh Klasik yang Disejajarkan dengan Arsenik

Dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga bertugas di Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi, Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinik, Fakultas Farmasi UGM, Dr Arief Nurrochmad, MSi, MSc, Apt, menjelaskan perbedaan dua jenis racun sianida ini.

Menurut Arief, antara sodium atau natrium sianida dan kalium atau potasium sianida menimbulkan efek yang hampir mirip, namun kalium sianida bersifat lebih toksis atau lebih kuat.

"Sebenarnya hampir mirip antara sodium atau natrium sianida dengan kalium sianida. Hanya sedikit lebih kuat kalium sianida atau potasium sianida itu. Jadi kalau dilihat dari uji dosis mematikan pada hewan (kalium sianida) relatif sedikit lebih kuat, dosisnya lebih kecil," ujar Arief kepada Tribunjogja.com, Selasa (4/5/2021).

"Tetapi intinya hampir sama karena kelarutannya lebih sedikit air untuk kalium dibanding natrium, jadi kalau dia lebih larut air, dia lebih mudah terserap di dalam tubuh," sambungnya.

Arief menjelaskan, antara keduanya terdapat perbedaan yang tidak terlalu mencolok.

Baca juga: Apa Itu Racun Kalium Sianida yang Ada di Bumbu Sate Misterius Menewaskan Bocah di Bantul?

Halaman
12
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved