Breaking News:

Update Corona di DI Yogyakarta

BREAKING NEWS : Total Kasus Positif COVID-19 dari Klaster Dua Ponpes di Kulon Progo Capai 104 Kasus

Sebanyak 104 kasus positif ini berasal dari 36 kasus di Ponpes yang berada di Kapanewon Lendah dan 68 kasus di Ponpes yang berada di Kapanewon Kokap

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Gugus tugas penanganan COVID-19 Kabupaten Kulon Progo melaporkan terdapat dua pondok pesantren (ponpes) di Kulon Progo yang menjadi sumber penularan virus corona. 

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan total kasus yang terkonfirmasi positif dari dua ponpes itu ada 104 kasus. 

Terdiri dari 36 kasus positif di Ponpes yang berada di Kapanewon Lendah dan 68 kasus positif di Ponpes yang berada di Kapanewon Kokap. 

"Perkembangan klaster Ponpes yang berada di Kapanewon Lendah dari 46 anggotanya, ada 36 yang dinyatakan positif. Sehingga hari ini ada penambahan tiga kasus dari 33 kasus positif yang dilaporkan pada 21 April 2021 lalu. Mereka saat ini menjalani isolasi di kompleks ponpes tersebut. Semoga tidak ada penambahan kasus dan segera selesai isolasi sehingga bisa menjalankan kegiatannya," ucapnya, Jumat (23/4/2021). 

Baca juga: 37 Santri di Satu Ponpes di Klaten Masih Terkonfirmasi COVID-19

Sedangkan lanjut Baning, dari 160 anggota di Ponpes yang berada di Kapanewon Kokap yang telah dilakukan pemeriksaan terhadap 134 orang.

Hasilnya, ada 68 orang yang dinyatakan positif, 63 orang dinyatakan negatif dan 3 orang lainnya dilakukan pemeriksaan ulang di laboratorium. 

Sehingga pada hari ini, penambahan kasus dari ponpes tersebut ada 5 kasus dari 63 kasus yang dilaporkan sebelumnya. 

Rata-rata dari 68 kasus positif di Ponpes yang berada di Kapanewon Kokap, mereka berusia antara 10-18 tahun. 

Namun, saat ini mereka sudah dipulangkan ke keluarganya masing-masing dan dilanjutkan pemantauan oleh gugus tugas setempat. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved