Breaking News:

Berita Kesehatan

Mual Saat Puasa? Sembuh Tanpa Obat dengan Pijatan di Tiga Titik Berikut Ini

Setidaknya ada tiga titik akunpuntur yang berguna untuk meredakan efek mual

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Explore Integrative Medicine
Pericardium 6 (P6) atau Neiguan 

TRIBUNJOGJA.COM - Tahukah Anda bahwa tubuh memiliki sejumlah titik akupuntur untuk menyembuhkan sejumlah keluhan kesehatan semisal mual. Dengan begitu, Anda bisa menyembuhkan mual tanpa harus meminum obat.

Ini tentu akan sangat bermanfaat ketika Anda mengalami mual saat menjalankan ibadah puasa.

Setidaknya ada tiga titik akunpuntur yang berguna untuk meredakan efek mual. Ketiga titik ini diberi kode titik perikardium 6 atau Neiguan, KID21 atau atau Youmen dan ST36 atau Zu San Li.

Titik-titik ini berada di seluruh tubuh di jaringan otot tipis.

Merangsang titik-titik ini dengan pijatan dapat mengendurkan otot dan memicu pelepasan hormon "perasaan baik" - serotonin dan dopamin - yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan dalam tubuh, kata Kim Peirano, ahli akupunktur berlisensi di Lion's Heart Wellness di San Rafael, California.

Apa itu akupresur?

Praktik ini - disebut akupresur - bahkan dapat membantu Anda meredakan penyakit umum, seperti mual dan muntah, atau sakit kepala.

Akupresur mendorong sistem saraf untuk rileks, yang dapat membantu mengatur sistem pencernaan dan mengurangi gejala mual, kata Peirano.

Merangsang titik-titik tekanan ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi mual ringan hingga sedang, tetapi untuk mual yang lebih parah, Anda mungkin memerlukan pengobatan atau pengobatan alami lainnya.

Mungkin sulit untuk mendapatkan lokasi dan tekanan yang benar-benar tepat, tetapi dengan pemahaman tentang teknik yang tepat, Anda dapat mempelajari cara menstimulasi sendiri secara efektif beberapa titik tekanan ini.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved