Breaking News:

Yogyakarta

Pemda DIY Kembali Perpanjang PPKM Mikro Hingga 3 Mei 2021

PPKM berbasis mikro di DI Yogyakarta kembali diperpanjang dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19.

TRIBUNJOGJA/ Yuwantoro Winduajie
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro di DI Yogyakarta kembali diperpanjang dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19.

Hal itu termaktub dalam Instruksi Gubernur Nomor II/INSTR/2021.

PPKM yang sebelumnya berakhir pada 19 April 2021, kini kembali diperpanjang selama dua pekan. Tepatnya dari 20 April hingga 3 Mei 2021.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan, pada PPKM mikro jilid enam ini secara umum tidak ada perubahan peraturan di dalamnya.

Namun, karena bakal memasuki musim libur Lebaran, pemerintah daerah secara khusus diinstruksikan untuk melakukan kegiatan pemantauan dan pengendalian terhadap kedatangan pemudik.

Aji menyebut bahwa warga yang melanggar aturan mudik tak akan mendapat sanksi.

"Di Instruksi tidak ada sanksi, tapi orang dihambat untuk melakukan perjalanan mudik. Misalnya rencananya dari pusat pesawat tidak boleh (terbang), kereta tidak jalan, lalu bis umum juga tidak (operasi)," jelasnya di Kompleks Kepatihan, Senin (20/4/2021).

Baca juga: Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM Skala Mikro Hingga 3 Mei, Berikut Daftar Wilayahnya

Baca juga: PPKM Berbasis Mikro di Klaten Diperpanjang untuk Kelima Kalinya, Ini Pertimbangan Pemkab

Guna mengantisipasi kedatangan pemudik sebelum tanggal 6-17 Mei, Pemda DIY akan mengoptimalkan keberadaan satuan tugas (satgas) Covid-19 yang telah didirikan di level RT/RW.

"Mereka bisa melakukan screening. Jika sebelum tanggal itu sudah ada yang mudik ya petugas di desa-desa itu yang nanti menghalau," paparnya.

Warga yang tiba di DIY sebelum periode pelarangan mudik, lanjut Aji, diharuskan untuk menjalani isolasi di shelter yang ada di desa-desa maupun isolasi secara mandiri dengan pengawasan petugas satgas.

Halaman
12
Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved