Breaking News:

Ramadan 2021

TIPS Terhindar dari Dehidrasi Saat Berpuasa

Resiko dehidrasi selama bulan puasa bisa aja terjadi bila tidak diatasi dengan baik. Salah satu gejala umum yang terjadi bila dehidrasi ialah

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Joko Widiyarso
medicalnewstoday.com
Ilustrasi sayuran 

TRIBUNJOGJA.COM - Selama menjalani ibadah puasa, tubuh kita dilatih untuk tidak makan dan minum. Hal yang akhirnya menjadi rutinitas selama 1 bulan ini mengharuskan kita untuk dapat menjaga metabolisme tubuh.

Seperti diketahui bahwa di dalam tubuh manusia, 60% komposisinya ialah air. Fungsi air yang sangat mengambil peran penting bagi tubuh ini membuat seringkali tubuh menjadi dehidrasi karena kurangnya asupan air yang masuk ke dalam tubuh.

Resiko dehidrasi selama bulan puasa bisa aja terjadi bila tidak diatasi dengan baik. Salah satu gejala umum yang terjadi bila dehidrasi ialah mulut menjadi terasa kering, dan tubuh menjadi lemas. Kadangkala, gejala ini juga bisa ditandai dengan sakit kepala.

Bagi Anda yang tidak tahu, dehidrasi juga memiliki banyak sekali gejala seperti mata yang tampak tidak segar, kulit menjadi kering, jantung sering kali berdebar-debar, produksi keringat yang menurun, demam hingga hilangnya kesadaran diri.

Bila Anda pernah mengalaminya semasa puasa, berikut ini ada beberapa tips agar terhindar dari dehidrasi selama berpuasa yang dilansir dari Kontan.co.id

1. Penuhi kebutuhan Cairan Setiap Hari

Setiap harinya, tubuh manusia membutuhkan 2 liter air atau setara dengan 8-12 gelas. Namun saat berpuasa tentunya tidak banyak kesempatan kita untuk memenuhi kebutuhan tubuh ini.

Oleh karena itu agar dapat mengakalinya, Anda dapat membagi waktu minum Anda mulai dari berbuka puasa hingga saat sahur. Hal ini agar dapat membantu Anda untuk terhindari dari segala gejala dehidrasi.

2. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Selain minum air yang cukup, perlu juga untuk diimbangi dengan mengkonsumsi sayur serta buah-buah yang segar.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved