Breaking News:

Soal Matematika Bocor, 130 Murid SMPN 4 Depok Sleman Jalani ASPD Ulang 

Ratusan murid kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Depok, Kabupaten Sleman mengulang Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Ahmad Syarifudin
Sekda Sleman Harda Kiswaya, (tengah) didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana (batik hijau) saat meninjau pelaksanaan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) ulang untuk soal Matematika di SMPN 4 Depok, Kamis (15/4/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Ratusan murid kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Depok, Kabupaten Sleman mengulang Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) untuk soal Matematika, Kamis (15/4/2021).

Pasalnya, soal matematika yang dikerjakan dalam ASPD sebelumnya, telah dinyatakan bocor sehingga terpaksa harus diulang dengan soal yang berbeda. 

Pantauan di lokasi, ASPD ulang diikuti oleh semua siswa. Pelaksanannya, sama seperti sebelumnya, dibagi dalam dua sesi. 

Baca juga: Termasuk Wilayah Aglomerasi, Warga DI Yogyakarta Diizinkan untuk Mudik Lokal 

"Masing-masing sesi 65 anak dan ini diikuti oleh seluruh murid," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya, saat meninjau di gedung SMPN 4 Depok, Kamis (15/4/2021). 

Menurut dia, berdasar informasi yang diterima dari Tim Pencari Fakta (TPF), kebocoran soal matematika di SMPN 4 Depok tidak ada unsur kesengajaan.

Bahkan, murid sebenarnya tidak ada yang tahu, kalau soal yang disebar oleh guru adalah soal yang hendak diujikan dalam ASPD.

Hal tersebut terbukti, tidak semua siswa mendapat nilai menggembirakan. 

Murid-murid kelas IX C, misalnya, yang langsung mendapat pendampingan dari guru yang membocorkan soal, nyatanya tidak semua memiliki nilai bagus.

"Ada juga yang rendah. Nilainya 46," terang dia. 

Meski demikian, TPF telah mengumumkan Kepala Sekolah dan guru dianggap bersalah karena lalai dan terlibat dalam kebocoran soal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved