Breaking News:

Guru Naban DIY Minta Pemerintah Buka Rekrutmen P3K Guru Agama dan Bahasa Daerah

Sejumlah guru tenaga bantu (Naban) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendatangi gedung DPRD DIY untuk menyampaikan aspirasi

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA/ MIFTAHUL HUDA
Suasana audiensi para guru Naban dengan Pemda DIY dan DPRD DIY, Senin (12/4/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah guru tenaga bantu (Naban) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk menyampaikam sejumlah aspirasinya, Senin (12/4/2021).

Mereka menyuarakan beberapa tuntutan, salah satunya keresahan para guru Naban yang terancam tergeser posisinya apabila instansi sekolah yang menaunginya menambah pengajar yang baru dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ketua Forum guru Naban se-DIY, Nur Rois, mengatakan jika pihaknya belum diangkat ke dalam Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) pihaknya khawatir posisinya sebagai tenaga pengajar akan terancam.

Oleh karenanya, mereka meminta perlindungan kepada DPRD DIY dan instansi pemerintahan yang berwenang supaya hak mengajarnya diinstansi sekolah tidak tergeser oleh guru baru.

Tuntutan kedua, mereka meminta agar pemerintah DIY harus mengangkat guru Naban ke status P3K.

Ketiga, mereka meminta agar muncul kebijakan pemerintah daerah supaya membuka formasi P3K bagi guru pengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan guru bahasa daerah.

Keempat, pihaknya mendesak agar pemerintah mempertimbangkan masa kerja guru Naban dalam proses pengangkatan P3K.

Kelima, Forum Guru Naban DIY meminta agar dibukanya formasi P3K untuk tenaga pendidikan yang memiliki SK Naban melalui seleksi.

"Kami berharap ada rekruitmen P3K untuk guru agama dan daerah. Sekaligus kami meminta perlindungan atas hak mengajar supaya tidak tergeser oleh guru baru," katanya, seusai diskusi dengan Komisi D DPRD DIY dan BKD, serta Disdikpora DIY.

Ia menambahkan, dari lima tuntutan itu, pemerintah dinilai hanya mampu memberi klarifikasi tiga tuntutan saja.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved