Breaking News:

Ratusan Guru di Kulon Progo Ikuti Rapid Tes Antibodi Sebelum Dimulainya Pembelajaran Tatap Muka

Ratusan guru di Kabupaten Kulon Progo mengikuti rapid tes antibodi yang digelar oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora)

TRIBUNJOGJA/ Sri Cahyani Putri
Tenaga pengajar di Kulon Progo sedang mengikuti rapid tes antibodi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Ratusan guru di Kabupaten Kulon Progo mengikuti rapid tes antibodi yang digelar oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan Asosiasi Klinik Indonesia (Akli) Cabang Kulon Progo

Tes ini digunakan sebagai skrining awal sebelum dilakukan pembelajaran tatap muka (PTM) yang rencananya akan dilakukan pada Juli 2021 mendatang. 

Baca juga: Tingkatkan Capaian KIA, Disdukcapil Bantul Luncurkan M-KIA

Ketua Akli Cabang Kulon Progo, Salamah Sri Nurhayati mengatakan pelaksanaan rapid tes antibodi bagi guru ini dilakukan di Disdikpora kabupaten setempat dimulai sejak 7-10 April 2021 dan 12 April 2021.

"Dalam setiap harinya, kami merapid sebanyak 150 orang guru. Nantinya, mereka yang hasilnya reaktif akan ditindaklanjuti dengan tes PCR," ucapnya, Jumat (9/4/2021). 

Salamah melanjutkan, di Kulon Progo terdapat 13 klinik yang tergabung di dalam Akli yang melayani rapid tes antibodi maupun antigen dengan harga yang terjangkau. 

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kulon Progo, Arif Prastowo mengatakan sebelum dilakukan PTM, pihaknya akan melakukan simulasi di setiap tingkat pendidikan di 12 kapanewon. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh persiapan yang dilakukan berjalan dengan baik. 

Baca juga: Dandim Magelang Lakukan Sertijab Sekaligus Lepas 3 Perwira Menengah yang masuk MPP

Selain itu, untuk vaksinasi guru akan dimulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). 

"Namun kami juga masih menunggu karena alokasi vaksin di Kulonprogo masih minim. Terakhir kami menerima info, untuk guru akan divaksin pada akhir bulan ini, sehingga sebelum PTM diharapkan sudah selesai,” katanya. (scp) 

Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved