Breaking News:

Berita Kesehatan

Bagaimanakah Cara Menolong Orang yang Pingsan? Berikut Penjelasannya

Pada umumnya, pingsan merupakan kondisi yang tak membahayakan jiwa. Kecuali korban memang pingsan di tempat yang berbahaya

net
Ilustrasi Pingsan Hilang kesadaran 

TRIBUNJOGJA.COM - Pada umumnya, pingsan merupakan kondisi yang tak membahayakan jiwa. Kecuali korban memang pingsan di tempat yang berbahaya. Biasanya ini merupakan reaksi sesaat saat suplai darah ke otak berkurang. Namun begitu, Anda juga perlu memberikan perhatian serius jika pingsan terjadi berulang kali.

Apa saja kondisi yang memicu pingsan?

Penyebabnya bisa bermacam-macam, semisal sedih yang teramat dalam, terkejut, pingsan akibat tidak sarapan atau pingsan akibat kelelahan ekstrem.

Pada dasarnya, pingsan terjadi ketika otak tidak menerima suplai darah yang cukup selama beberapa saat.

Ini menyebabkan seseorang kehilangan kehilangan kesadaran. Kondisi ini pun biasanya berlangsung singkat dan tidak diikuti indikasi kesehatan serius.

Tapi ada pula pingsan yang berhubungan dengan jantung.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Jika Alami 4 Gejala Ini, Bisa Jadi Sinyal Tubuh Tanda Serangan Jantung

Oleh karena itu, penting untuk menangani kondisi ini sebagai keadaan darurat medis sampai tanda dan gejalanya berkurang serta hingga bisa diketahui penyebabnya.

Langkah terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter jika Anda atau keluarga Anda pernah mengalami pingsan lebih dari sekali.

Baca juga: Pertolongan Pertama Jika Ada Sesuatu yang Masuk ke Telinga Anak

Sementara itu, langkah apa sebenarnya yang harus dilakukan jika Anda mendapati seseorang mengalami pingsan? Berikut ini adalah langkah-langkah pertolongan pertama untuk menyadarkan kembali orang yang pingsan ;

  • Tempatkan orang tersebut dalam posisi telentang. Jika tidak ada cedera dan orang tersebut bernapas, angkat kaki orang tersebut di atas ketinggian jantung - sekitar 12 inci (30 sentimeter) - jika memungkinkan. Kendurkan ikat pinggang, kerah atau pakaian ketat lainnya.
  • Untuk mengurangi kemungkinan pingsan lagi, jangan bangun dia terlalu cepat. Jika orang tersebut tidak sadar kembali dalam satu menit, hubungi nomor darurat setempat.
  • Periksa pernapasan. Jika orang tersebut tidak bernapas, mulailah CPR. Hubungi nomor darurat setempat.
  • Lanjutkan CPR sampai bantuan tiba atau orang tersebut mulai bernapas.
  • Jika orang tersebut pingsan akibat jatuh dan terluka, obati benjolan, memar, atau luka dengan tepat. Kontrol perdarahan dengan tekanan langsung.

Bagaimana jika Anda sendiri yang pingsan?

  • Berbaring atau duduk. Untuk mengurangi kemungkinan pingsan lagi, jangan bangun terlalu cepat.
  • Tempatkan kepala Anda di antara kedua lutut jika Anda duduk. (*/Mayo Clinic)
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved