Breaking News:

Pertolongan Pertama

Pertolongan Pertama Jika Ada Sesuatu yang Masuk ke Telinga Anak

Berikut ini langkah-langkah pertolongan pertama jika ada sesuatu semisal serangga atau semut yang masuk ke dalam telinga

IST
Ilustrasi telinga 

TRIBUNJOGJA.COM - Orang dewasa mungkin sudah tahu apa yang harus diperbuat ketika ada sesuatu yang aneh menempel di sekitar telinga. Bisa itu benda asing, hewan seperti semut atau bahkan serangga kecil. Tapi lain halnya dengan anak-anak. Mereka mungkin tak menyadarinya hingga kemudian benda asing itu masuk ke dalam telinga.

Benda asing yang masuk ke telinga dapat menyebabkan nyeri, infeksi hingga gangguan pendengaran. Tentu saja hal ini bisa membahayakan jika tidak diatasi segera.

Baca juga: Penyebab Munculnya Benjolan di Belakang Telinga dan Cara Menghilangkannya

Lantas apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi pada anak Anda? Berikut adalah langkah pertolongan pertama yang harus dilakukan ;

  • Jangan memeriksa telinga dengan alat seperti kapas atau batang korek api. Anda berisiko mendorong objek lebih jauh dan merusak telinga.
  • Singkirkan benda tersebut jika memungkinkan. Jika benda terlihat jelas, lentur, dan mudah digenggam dengan penjepit, ambil dengan hati-hati.
  • Coba gunakan gravitasi. Miringkan kepala ke sisi yang terkena untuk mencoba mengeluarkan benda tersebut.

Baca juga: Mengenal Tinnitus : Gejala dan Penyebab Telinga Berdengung Tanpa Henti

  • Coba gunakan minyak untuk serangga. Jika benda asing tersebut adalah serangga, miringkan kepala orang tersebut sehingga telinga serangga tersebut menghadap ke atas. Cobalah untuk mengeluarkan serangga dengan menuangkan minyak mineral, minyak zaitun atau baby oil ke dalam telinga. Minyak harus hangat, tetapi tidak panas. Jangan gunakan minyak untuk menghilangkan benda selain serangga. Jangan gunakan metode ini untuk anak-anak jika tabung telinga terpasang atau jika menurut Anda gendang telinga mungkin berlubang. Tanda dan gejala gendang telinga berlubang adalah nyeri, pendarahan, atau keluarnya cairan dari telinga.
  • Coba bersihkan benda tersebut. Gunakan alat suntik telinga bohlam karet dan air hangat untuk mengairi benda keluar dari saluran, sekali lagi asalkan tidak ada tabung telinga yang terpasang dan Anda tidak menduga gendang telinga berlubang.
  • Jika metode ini gagal atau anak Anda terus mengalami rasa sakit, keluarnya cairan dari saluran telinga, pendengaran berkurang atau sensasi ada sesuatu yang bersarang di telinga, sebaiknya Anda segera meminta bantuan medis. (*/Mayo Clinic)
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved