Breaking News:

Rahasia Tersembunyi di Balik Pare yang Pahit, Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

Meskipun rasanya pahit, buah ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan mulai menurunkan kadar gula darah, kolesterol hingga obat Diabetes

Pixabay
Buah Pare 

Tribunjogja.com - Pare adalah buah yang lebih sering dijadikan sayuran. Meskipun rasanya pahit, buah ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan mulai menurunkan kadar gula darah, kolesterol hingga obat alami Diabetes.
 

Melansir buku Khasian & Manfaat Pare: Si Pahit Pembasmi Penyakit karya Dr. Tati S. S. Subahar & Tim Lentera via Kompas.com, rasa pahit pada pare ini dikarenakan kandungan charantin dan alkaloid yaitu momordisin.

Namun, di balik rasa pahitnya, pare ternyata kaya akan kandungan vitamin C, yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas dan mencegah berbagai jenis penyakit.

Khasiat pare bagi kesehatan tubuh
Khasiat pare bagi kesehatan tubuh (https://www.google.com/url?sa=i&url=https://palu.tribunnews.com/2019/03/31/meski-pahit-konsumsi-pare-punya-banyak-khasiat-untuk-kesehatan-kulit?page=all&psig=AOvVaw1DsPs1vXLaoduXSg1zGhpE&ust=1609267356325000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCJC_)

Dengan mengonsumsi pare sebanyak 94 gram saja, kita sudah dapat memenuhi 93 persen asupan vitamin C harian.

Tak hanya itu, pare juga mengandung banyak vitamin dan mineral lainnya yang berfungsi meningkatkan kesehatan tubuh.

Seperti yang dikutip dari Healthline, berikut adalah manfaat pare untuk kesehatan.

Baca juga: Rekomendasi Jenis Buah-buahan yang Paling Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Menurunkan kadar gula darah

Pare telah dikenal sebagai obat alami untuk menurunkan gula darah pada penderita Diabetes yang telah banyak terbukti secara ilmiah.

Sebuah penelitian yang dilakukan selama tiga bulan terhadap 24 penderita diabetes menyebutkan bahwa  mengonsumsi 2000 mg pare setiap hari terbukti dapat menurunkan kadar gula darah.

Pare juga disebut dapat meningkatkan sekresi insulin, yaitu hormon yang dapat mengatur kadar gula darah.

Halaman
123
Editor: Rina Eviana
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved