Berita Kesehatan

Rekomendasi Jenis Buah-buahan yang Paling Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Buah adalah karbohidrat yang mengandung gula, dan dapat meningkatkan kadar gula darah jika dimakan secara berlebihan

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
dok.istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Penderita diabetes perlu mengontrol asupan makanan mereka dengan hati-hati untuk menjaga kadar gula darah mereka dalam kisaran normal.

Sebagai infirormasi bahwa saat Anda makan karbohidrat, maka tubuh akan memecahnya menjadi gula, yang masuk ke darah untuk digunakan sebagai bahan bakar. 

Bagi penderita diabetes yang tidak dapat memproses gula darah secara efektif, karbohidrat dapat meningkatkan gula darah, oleh karena itu, banyak penderita diabetes yang mencoba membatasi atau menghitung karbohidrat , termasuk gula dan karbohidrat lain, seperti yang berasal dari buah atau biji-bijian. 

Baca juga: Gejala-gejala yang Muncul pada Tubuh, Pertanda Gula Darah Anda Terlalu Tinggi

Buah adalah karbohidrat yang mengandung gula, dan dapat meningkatkan kadar gula darah jika dimakan secara berlebihan. Namun, buah juga memiliki kandungan serat yang tinggi, dan mengonsumsi banyak serat dapat mengatur kadar gula darah bahkan membantu mencegah diabetes tipe 2. 

Secara keseluruhan, karbohidrat sehat yang mengandung serat - seperti buah - memiliki dampak yang jauh lebih kecil terhadap gula darah dibandingkan karbohidrat tanpa serat, seperti soda atau permen. Inilah mengapa buah bisa menjadi pilihan yang aman dan tepat untuk penderita diabetes

Buah segar itu sehat dan aman bagi penderita diabetes 

Penderita diabetes harus sadar akan asupan buahnya, tetapi secara keseluruhan, buah masih merupakan bagian yang sehat dan penting dari asupan makanan apa pun untuk mengelola diabetes. 

Baca juga: 11 Asupan Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

"Ada mitos bahwa buah adalah gula dan tidak boleh dimakan jika Anda penderita diabetes, tetapi itu tidak sepenuhnya benar," kata Susan Besser , MD, seorang dokter perawatan primer di Maryland. 

"Ya, ini adalah karbohidrat dan seseorang harus memakannya dalam jumlah sedang, tetapi sebenarnya ini adalah karbohidrat yang sehat dan dimetabolisme jauh lebih baik daripada karbohidrat lain seperti kue, biskuit, atau permen," tambahnya.

Faktanya, penelitian telah mengaitkan konsumsi buah segar dengan peningkatan kesehatan bagi penderita diabetes

Sebuah studi yang diterbitkan di Public Library of Science pada tahun 2017 mengikuti setengah juta pria Tiongkok selama tujuh tahun, menanyakan tentang asupan buah dan mengukur kadar gula darah mereka. 

Baca juga: Seperti ini Cara Diabetes Menyerang Sel Beta Penghasil Insulin yang Mengendalikan Gula Darah

Para peneliti menemukan bahwa konsumsi buah segar yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah secara signifikan. Dan bahkan bagi penderita diabetes yang sudah ada, mereka yang makan lebih banyak buah segar memiliki risiko kematian yang lebih rendah atau komplikasi kesehatan yang serius. 

Studi tersebut menyimpulkan bahwa penderita diabetes tidak boleh diberitahu untuk membatasi asupan buah segar.

Apalagi mengonsumsi buah di usia muda bahkan bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari. 

Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada 2018 menemukan bahwa menurunkan asupan lemak jenuh dan meningkatkan buah dan sayuran pada anak-anak usia 8 hingga 10 tahun dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2.  

Baca juga: Rekomendasi Para Ahli Soal Cara Mengendalikan Kadar Gula Darah Secara Alami

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved