Breaking News:

Daftar Sayuran Penurun Tekanan Darah Tinggi yang Wajib Diketahui

Pasien darah tinggi juga harus menjalankan pola hidup sehat, terutama dengan konsumsi sayuran penurun darah tinggi.

Shutterstock
Ilustrasi 

Tribunjogja.com -  Anda penderita hipertensi alias tekanan darah tinggi? Tak perlu khawatir, jika Anda tak suka obat kimia untuk menurunkan darah tinggi, ada alternatif obat alami penurun darah tinggi.

Obat alami penurun darah tinggi hanya cukup mengonsumsi sayuran-sayuran berikut ini.

Ya selain obat antihipertensi, pasien darah tinggi juga harus menjalankan pola hidup sehat, terutama dengan konsumsi sayuran penurun darah tinggi.

ilustrasi
ilustrasi (ist)

Sayuran yang terkenal sebagai penurun darah tinggi antara lain wortel, bayam, brokoli, seledri, dan paprika merah.

Makan sayuran penurun darah tinggi bisa membantu obat antihipertensi menjaga tekanan darah agar tidak kembali melonjak tinggi.

Pengidap darah tinggi atau hipertensi perlu menjalankan pola makan sehat yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu diet yang pas dijalankan penderita darah tinggi untuk keseharian adalah diet DASH atau dietary approaches to stop hypertension.

Pola makan ini arahannya makan lebih banyak sayur, buah, protein rendah lemak, serta asupan tinggi magnesium, kalium, dan kalsium.

Baca juga: Inila Daftar Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Harus Dihindari Sehari-hari

Semua sayuran umumnya kaya serat dan bisa membantu mengelola kadar tekanan darah agar tetap stabil. Berikut beberapa sayuran penurun darah tinggi yang terbukti ampuh:

1. Seledri

Pertama, sayuran penurun darah tinggi adalah seledri. Kandungan senyawa phthalides dalam seledri membuat makanan kaya serat ini termasuk sayur untuk menurunkan darah tinggi.

Halaman
123
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved