Breaking News:

Berita Kesehatan

Komplikasi Diabetes Bisa Mematikan, Apakah Penderitanya Bisa Bertahan Hidup Lama?

Berapa angka harapan hidup penderita diabetes? Berapa lama ia akan bertahan hidup setelah didiagnosa menderita komplikasi diabetes?

News Medical Today
Ilustrasi angka harapan hidup penderita diabetes 

TRIBUNJOGJA.COM - Penyakit diabetes dapat memicu komplikasi penyakit serius yang mengancam jiwa. Dari mulai stroke, serangan jantung, penyempitan pembuluh darah hingga kolesterol.

Pertanyaannya, berapa angka harapan hidup penderita diabetes? Berapa lama ia akan bertahan hidup setelah didiagnosa menderita komplikasi diabetes?

Merangkum Medical News Today, dampak diabetes pada masing-masing orang bisa berbeda.

Dampaknya tergantung pada berbagai faktor, seperti seberapa cepat mereka menerima diagnosis dan pengobatan, serta seberapa baik mereka dan tim perawatan kesehatan dapat mengelola kondisi tersebut.

Baca juga: Penderita Diabetes Sebaiknya Hati-hati, Ini 5 Kesalahan Sepele yang Bisa Memicu Naiknya Gula Darah

Faktor berpengaruh lainnya, termasuk tingkat keparahan, perkembangan gejala, komplikasi yang muncul, dan bagaimana tubuh merespons pengobatan.

Jadi, mungkin sulit bagi dokter unruk dapat mengetahui secara pasti bagaimana diabetes akan memengaruhi harapan hidup pasien.

Namun, sebuah laporan dari Diabetes UK pada 2010 memperkirakan bahwa diabetes tipe 2 dapat menurunkan harapan hidup penderita hingga 10 tahun, sedangkan penyakit diabetes tipe 1 bisa mengurangi harapan hidup penderita hingga rata-rata 20 tahun.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Stres Bisa Memperburuk Kondisi Penderita Diabetes

Sementara itu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) tidak menunjukkan efek kondisi diabates terhadap umur seseorang.

Tapi, CDC menemukan bawa diabetes sempat menjadi penyebab kematian ketujuh paling umum di AS.

Penelitian CDC menunjukkan bahwa 25 orang dari setiap 100.000 orang di AS meninggal karena penyebab yang terkait dengan diabetes pada tahun 2000.

Halaman
123
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved