Breaking News:

Kabupaten Kulon Progo

DPMPT Kulon Progo Raih Penghargaan Pelayanan Prima dari Kemenpan-RB 

Predikat prima ini bukti komitmen kepala daerah untuk mengembangkan pelayanan piblik.

istimewa
Kepala DPMPT Kulon Progo, Agung Kurniawan saat menerima penghargaan dari Kemenpan-RB di Hotel The Ritz Carlton Jakarta, Selasa (9/3/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Kinerja pelayanan publik yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kulon Progo mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). 

Pemberian penghargaan dilakukan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo dan diterima oleh Kepala DPMPT Kulon Progo, Agung Kurniawan pada Selasa (9/3/2021) di Hotel The Ritz Carlton, Jakarta. 

Dalam sambutannya, Menpan-RB RI , Tjahjo Kumolo mengatakan pelayanan publik yang prima menjadi modal untuk menggerakkan perekonomian daerah, iklim investasi dan lain-lain. 

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 Kulon Progo Bakal Tindak Tegas Kalurahan yang Lalai Terapkan Prokes

"Predikat prima ini bukti komitmen kepala daerah untuk mengembangkan pelayanan piblik. Bagaimana mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat. Termasuk berbagai hal perijinan baik warga maupun pendatang yang ingin mendapatkan pelayanan dari pemerintah," tuturnya. 

Terlebih dalam kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini, pihaknya berharap agar aparatur pemerintah tetap produktif. 

Sementara Deputi Pelayanan Publik, Kemenpan-RB, Diah Natalisa menyampaikan bahwa sebelum penganugerahan penghargaan, pihaknya telah melakukan penilaian terhadap 33 provinsi dan 221 kabupaten/kota.

Penilaian evaluasi terhadap pelayanan publik meliputi enam aspek. 

Diantaranya kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana (sarpras), sistem informasi pelayanan publik, konsultasi serta pengaduan dan inovasi pelayanan. 

Penghargaan yang berhasil diraih oleh DPMPT Kulon Progo merupakan ketiga kalinya dari 12 kabupaten/kota yang masuk predikat pelayanan prima. 

Baca juga: Pemkab Kulon Progo Dapat Jatah 15 KK Kuota Transmigrasi di Tahun 2021

Namun bedanya, pada dua tahun sebelumnya DPMPT Kulon Progo meraih predikat sangat baik (A-). 

Lebih lanjut setelah menerima penghargaan ini, Kepala DPMPT Kulon Progo, Agung Kurniawan menyatakan pihaknya akan lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

"Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan," kata Agung. 

Sementara Bupati Kulon Progo, Sutedjo mengapresiasi atas penghargaan yang berhasil diraih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo di bidang pelayanan publik. 

"Ini sudah menjadi kewajiban bagi Pemkab Kulon Progo untuk melayani yang terbaik bagi masyarakat melalui inovasi mal pelayanan publik (MPP) dan perijinan terintegrasi secara elektronik," ungkap Sutedjo. ( Tribunjogja.com

Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved