Breaking News:

Mangkrak Selama 15 Tahun, Pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto di Kulon Progo Akan Dilanjutkan

Pembangunan pelabuhan Tanjung Adikarto di Temon, Kabupaten Kulon Progo bakal segera dilanjutkan. Setelah proyek pembangunan

Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Kurniatul Hidayah
tribunjogja/hamim thohari
Foto udara pelabuhan perikanan Tanjung Adikarto, Karangwuni, Wates, Kulonprogo. Pelabuhan yang mulai dibangun 2004 ini belum bisa difungsikan sesuai tujuan pembangunan karena gelombang besar dan sedimentasi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Pembangunan pelabuhan Tanjung Adikarto di Temon, Kabupaten Kulon Progo bakal segera dilanjutkan.

Setelah proyek pembangunan tersebut mangkrak selama 15 tahun. 

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Dislautkan) Kabupaten Kulon Progo, Sudarna mengatakan pada Minggu (7/3/2021) kemarin, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkop Marves) telah mengunjungi pelabuhan tersebut. 

Kunjungan itu sebagai tindak lanjut dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dalam rangka memberikan solusi agar pelabuhan perikanan ini bisa segera selesai dan dioperasionalkan. 

Baca juga: Sleman City Hall (SCH) Dukung Program Vaksinasi Covid-19 bagi 3.500 ASN Pemkab Sleman

Terlebih pelabuhan ini berada di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). 

Sedangkan untuk pengembangan pelabuhan ini rencananya bakal dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

"Dengan diambil alih oleh Kemenko Marves ini diharapkan dapat mengkoordinir lintas sektoral yang notabene secara investasi maupun maritim ada hubungannya," ucapnya, Senin (8/3/2021). 

Adapun pengembangan infrastruktur pelabuhan yang belum terpenuhi ialah alur masuk kapal yang akan berlabuh ke dermaga. 

Sementara infrastruktur di daratan sudah terpenuhi. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved