Breaking News:

Keluh Kesah Kusir Andong di Malioboro, Sudah Ditunjang Metode QRIS tapi Sepi Tamu

Sedikitnya 88 andong wisata yang sehari-harinya beroperasi di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, telah dilengkapi metode Quick

TRIBUNJOGJA/ Azka Ramadhan
Deretan andong di kawasan Malioboro kini sepi peminat, lantaran menurunnya angka wisatawan sejak diterpa pandemi Covid-19. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sedikitnya 88 andong wisata yang sehari-harinya beroperasi di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, telah dilengkapi metode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Sehingga, sistem pembayarannya tidak perlu lagi menggunakan transaksi uang tunai.

Sekadar informasi, QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia, guna memudahkan proses transaksi, dengan keamanan yang dipastikan terjaga.

Namun, terobosan ini belum dapat membuahkan hasil, karena sepinya pengunjung.

Baca juga: Pemkab Bantul Realisasikan Bantuan Rp 50 juta untuk Padukuhan Tahun 2022

Ketua Paguyuban Kusir Andong DI Yogyakarta, Purwanto mengatakan, sejauh ini, rekan sejawatnya yang sudah ikut serta aplikasi QRIS-Dana ada 60 orang, kemudian 28 orang tergabung dengan QRIS-LinkAja.

Menurutnya, skema itu sudah mulai dioperasikan sejak 1,5 tahun lalu.

"Sebelum pandemi sudah banyak itu yang pakai. Tapi, saat kondisinya seperti ini, sepi banget, wong sekarang tamunya saja nyaris nggak ada, ya," ungkap Purwanto,

Hanya saja, ia tak menampik, keberadaan QRIS ini sangat membantu para kusir andong dalam bertransaksi. Sebab, pelanggannya tinggal menerapkan scan barcode, untuk melakukan pembayaran.

Selain itu, ia juga merasa lebih ngirit, karena uang langsung masuk ke rekening.

"Jadi, cenderung lebih enak pakai aplikasi. Karena kalau pulang bawa uang itu pasti beda. Seharusnya nggak jajan, tapi pengen jajan. Seharusnya nggak mampir, tapi pengen mampir. Tapi, kalau uangnya langsung masuk rekening, peruntukannya ya buat di rumah saja," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved