Breaking News:

Yogyakarta

Tarif Tol Yogyakarta-Bawen Rp1.875 per Kilometer, PT JJB Targetkan Seksi I Selesai 2023

Jika dikalkulasikan, tarif tol per km sebesar Rp1.875 dikalikan 75,82 km panjang tol Yogya-Bawen, maka estimasi tarif keseluruhan sekitar Rp142.162.

Jasa Marga
ILUSTRASI - Proyek Tol Yogyakarta-Bawen-Solo 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Proses pembangunan tol Yogyakarta-Bawen terus dikebut oleh tim pelaksana Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Kementerian PUPR.

Penentuan tarif awal pun sudah diteken melalui Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) ruas Yogyakarta-Bawen.

Pembangunan tol Yogyakarta-Bawen akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR yang bekerja sama dengan lima Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Jasamarga Jogja-Bawen (JJB), PT Adhi Karya, PT Waskita Karya, PT PP, dan PT Brantas Abipraya.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja-Bawen (JJB) Mirza Nurul Handayani menjelaskan, pemegang saham tertinggi dari pembangunan jalan tol sepanjang 75,82 Kilometer tersebut dimiliki PT Jasamarga Jogja-Bawen yakni sebesar 60 persen.

Sementara empat BUMN lainnya masing-masing memiliki saham antara lain PT Adhi Karya 12,5 persen, PT Waskita Karya 12,5 persen, PT PP 12,5 persen, dan PT Brantas Abipraya 2,5 persen saham.

Baca juga: BPN : Lahan Terdampak Tol Yogyakarta yang Tak Diketahui Pemiliknya Tak Bisa Diklaim Orang Lain

"Saham kami untuk tol Yogyakarta-Bawen itu 60 persen, sisanya ada empat itu 12,5 persen dan PT Brantas Abipraya 2,5 persen," katanya saat dihubungi Tribunjogja.com, Kamis (4/3/2021).

Mirza melanjutkan, nilai investasi pembangunan jalan tol yang menghubungkan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) ini sebesar Rp14,26 triliun dengan masa konsesi 40 tahun.

Dari total panjang jalan tol yang akan di bangun, 67,05 kilometer berada di wilayah Jawa Tengah, dan 8,77 Kilometer berada di wilayah DIY.

"Nantinya ada enam seksi dalam pembangunan tol Yogyakarta-Bawen ini," jelas Mirza.

Enam seksi tersebut rinciannya yaitu Seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo sepanjang 8,25 Km, seksi 2 Banyurejo sampai Borobudur sepanjang 15,26 Km, seksi 3 dimulai dari Borobudur sampai Magelang sepanjang 8,08 Km, seksi 4 dimulai dari Magelang sampai Temanggung sepanjang 16,46 Km, seksi 5 dimulai dari Temanggung sampai Ambarawa sepanjang 22,56 Km, seksi 6 dimulai dari Ambarawa sampai Bawen sepanjang 5,21 Km. ‚Äč

Baca juga: UPDATE Tol Yogyakarta-Bawen: Lewati 3 Kecamatan, 7 Kelurahan, 28 Pedukuhan di Sleman, Patok Dipasang

Halaman
123
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved