Breaking News:

Kota Yogya

Tindaklanjuti Perpanjangan PPKM Mikro, Pemkot Yogya Tunggu Instruksi Pusat dan Provinsi

Tindaklanjuti Perpanjangan PPKM Mikro, Pemkot Yogya Tunggu Instruksi Pusat dan Provinsi

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA/ Azka Ramadhan
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta masih menunggu instruksi lebih lanjut terkait perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro hingga 9 Maret mendatang.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, agar PPKM Mikro berjalan efektif, tiap jenjang pemerintahan harus benar-benar berjalan beriringan.

Sehingga, pihaknya tidak dapat mengambil keputusan sepihak.

"Supaya ini efektif, memang butuh gerakan yang serentak, untuk menekan persebaran, dan memutus rantai penularan virus corona," cetus Heroe, Senin (22/2/2021).

Oleh sebab itu, Pemkot Yogyakarta masih menantikan instruksi dari pemerintah pusat, maupun provinsi sebelum melakukan tindak lanjut.

Walau begitu, ia meyakini, esensi perpanjangan PPKM Mikro ini masih serupa.

Baca juga: PPKM Skala Mikro di DIY Kembali Diperpanjang, Pemerintah Sebut Tak Ada Perubahan Aturan

Baca juga: Selama PPKM Mikro, Satpol PP Kota Yogya Temukan 72 Pelaku Usaha Langgar Aturan Jam Operasional

"Harapannya tentu untuk menekan aktivitas dan interaksi di luar, jika tidak ada sesuatu yang sifatnya penting sekali. Itinya, ya warga lebih selektif lah," ujarnya.

"Soal teknisnya, ya kita ikut pusat dan provinsi lah. Kalau kita tidak sama, penerapannya akan susah. Sebab, kalau tidak ada keseragaman satu sama lain, nanti kan pelaksanannya di lapangan bakal susah itu," tambah Wawali.

Lebih lanjut, Heroe memaparkan, penerapan PPKM selama tiga jilid beruntun di Kota Yogyakarta mulai menunjukkan hasil apik. Menurutnya, kasus Covid-19 perlahan makin menurun, ketika dilihat dari grafik mingguan.

"Dari puncak di Januari itu sekarang sudah turun sampai separuhnya. Waktu puncak kasus per minggunya ada 501, sekarang ini di kisaran 280," tandasnya.(Tribunjogja/Azka Ramadhan)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved