Breaking News:

Yogyakarta

Pedagang Malioboro dan Pasar Beringharjo Mulai Divaksin Awal Maret

Penyuntikan akan dilakukan secara masal dimulai di Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Taman Parkir Abu Bakar Ali mulai Senin (1/3/2021).

freepik
Ilustrasi vaksin Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DI Yogyakarta akan segera menyelenggarakan program vaksinasi COVID-19 tahap kedua. 

Penyuntikan akan dilakukan secara masal dimulai di Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Taman Parkir Abu Bakar Ali mulai Senin (1/3/2021) mendatang. 

Sejauh ini, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di DIY telah mencatat ada sebanyak 19.897 jiwa yang akan menjalani kick off vaksinasi tahap ke dua. 

Rinciannya erdiri dari 8.144 pedagang Pasar Beringharjo dan sekitarnya, 2.600 masyarakat sekitar Malioboro dan Alun-alun Utara, serta 9.153 pegawai toko yang ada di sepanjang kawasan Malioboro.

Baca juga: Pendataan Lansia Penerima Vaksin di DI Yogyakarta Dilakukan secara Online dan Offline

Guna menilik kesiapan agenda tersebut, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin berkoordinasi langsung dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Minggu (21/2/2021). 

Koordinasi dilakukan di Ndalem Kilen, Keraton Yogyakarta, dan dilanjutkan dengan menilik persiapan dua lokasi vaksinasi masal yakni Pasar Beringharjo dan Benteng Vredeburg.

“Dalam kunjungan ini, saya mau minta izin karena beliau kan tuan rumahnya, karena rencana 1 Maret mendatang, kami akan mengadakan vaksinasi untuk pedagang di Pasar Beringharjo. Semoga agendanya dapat berjalan lancar,” ujar Budi. 

Budi memandang pedagang pasar adalah pihak yang cukup rentan terpapar COVID-19 mengingat sering berinteraksi dengan banyak orang.

 “Kita lihat kalau mereka kan ketemu dengan langganannya, ketemu banyak orang, oleh karena itu kita akan vaksinasi mereka,” terangnya. 

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap II, Disdagin Kulon Progo Masih Lakukan Pendataan Pedagang Pasar

Adapun sesuai kriteria Kementerian Kesehatan RI, kelompok tahapan kedua penerima vaksinasi COVID-19 selain lansia dan pedagang pasar adalah petugas pelayanan publik seperti tenaga pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, petugas keamanan, petugas transportasi, atlet, wartawan, dan pekerja sektor pariwisata. 

Halaman
123
Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved