Breaking News:

Jawa

Pakar Geologi Bencana Bakal Lakukan Penelitian di Lokasi Amblasnya Belasan Sumur di Klaten

Pakar Geologi Bencana UPN Veteran Yogyakarta meninjau lokasi amblasnya belasan Sumur warga di Desa Jungkare, Kecamatan Karanganom, Minggu (21/2/2021).

Dokumentasi BPBD Klaten
Penampakan sumur warga di Desa Jungkare, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten yang ambles, Minggu (21/2/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pakar Geologi Bencana Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Eko Teguh Paripurno dan tim meninjau lokasi amblasnya belasan Sumur warga di Desa Jungkare, Kecamatan Karanganom, Minggu (21/2/2021).

Kedatangan pakar geologi bencana dan tim itu didampingi langsung oleh Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Nur Tjahjono Suharto.

Seusai melakukan peninjauan, pakar geologi bencana dan tim dari UPN Veteran Yogyakarta berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

"Iya (akan melakukan penelitian di lokasi). Rencana kami minggu depan," ujarnya pada Tribunjogja.com, Minggu (21/2/2021).

Baca juga: Sumur Milik Warga Amblas di Klaten, BPBD Bakal Kirimkan Surat ke PVMBG

Ia mengatakan, dari hasil pengamatan awal di lapangan, titik-titik amblasnya Sumur yang ada di Desa Jungkare, Klaten itu tersebar dari timur ke barat.

"Sama seperti yang saya sampaikan pada keterangan sebelumnya. Keterangan tambahan, bahwa saat ini sudah ambles 9 sumur, dan sedang proses (ambles) 3 sumur. Sebaran Sumur yang amblas cenderung ke arah timur-barat," ucapnya.

Ia mengatakan, sembari menunggu dilaksanakannya penelitian, pihaknya merekomendasikan agar dilakukan penguatan dinding sumur hingga membuat sumur alternatif dengan sumur pompa.

"Rekomendasi sementara ini sebelum dilakukan penelitian lebih lanjut, menutup lubang sumur yang amblas, mengurangi beban di atas sumur, melakukan penguatan dinding sumur, dan membuat alternatif dengan sumur pompa," urainya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 13 sumur warga yang berada di Desa Jungkare, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten amblas dalam beberapa waktu terakhir.

Informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, belasan sumur yang amblas tersebut terjadi secara bertahap mulai rentang waktu Minggu (7/2/2021) hingga Rabu (17/2/2021).

Halaman
12
Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved