Breaking News:

Terdampak Pandemi Covid-19, Angka Kemiskinan di Kota Yogyakarta Naik 0,4 Persen

Akibat pandemi Covid-19 berkepanjangan, angka kemiskinan di Kota Yogyakarta meningkat 0,4 persen.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Akibat pandemi Covid-19 berkepanjangan, angka kemiskinan di Kota Yogyakarta meningkat 0,4 persen.

Ketergantungan pada sektor pariwisata, serta pendidikan, yang kini bisa dibilang 'mati suri', disebut memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian warga.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, angka kemiskinan yang tadinya berada di angka 6,8 persen, kini meningkat menjadi 7,25 persen.

Ia tak menampik, pada situasi pandemi Covid-19, banyak warga yang kehilangan mata pencaharian dan terhenti kegiatan ekonominya.

Baca juga: Percepatan Pemulihan Ekonomi, Pemda DIY Dorong UMKM untuk Manfaatkan KUR

"Karena sebagian besar warga Kota Yogyakarta kan berada dalam lingkungan industri pariwisata, atau yang berkaitan dengan zona pendidikan," katanya, Rabu (17/2/2021).

Menurutnya, sebelum diterpa pandemi, Yogyakarta sudah terbiasa dihidupi oleh industri pariwisata, ditambah sektor pendidikan, dengan melimpahnya jumlah universitas, serta mahasiswa yang datang setiap tahunnya.

Akan tetapi, dua lini tersebut harus terhenti karena corona merebak.

"Saat pandemi, dua-duanya tidak ada semua. Makanya, kita berupaya mendorong, agar bagaimana masyarakat itu bisa saling peduli, antara satu sama lain," jelas Heroe.

"Tapi, kalau kita melihat perkembangannya, daya tahan masyarakat, khususnya dalam hal memberikan kepedulian untuk kelompok miskin, saya rasa partisipasinya itu nilainya bisa miliaran rupiah yang berputar," tambahnya.

Ia pun berharap, slogan 'Jogja untuk Jogja' tidak berhenti menjadi kata-kata belaka, namun dapat diterapkan langsung dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved