Breaking News:

Berita Kesehatan

Ini Tanda-tanda Saat Diabetes Mulai Tak Terkendali : Sering Kesemutan dan Mati Rasa

Jika seseorang mati rasa atau kesemutan, mereka mungkin mengalami kerusakan saraf, atau neuropati diabetes.

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
ABC
Penyebab tangan mati rasa 

TRIBUNJOGJA.COM - Kadar gula darah tinggi dalam jangka panjang dapat merusak saraf di seluruh tubuh, terutama yang memengaruhi sensasi di tangan atau kaki. Jika seseorang mati rasa atau kesemutan, mereka mungkin mengalami kerusakan saraf, atau neuropati diabetes.

Beberapa penderita diabetes mengalami nyeri saraf, yang bisa terasa seperti sensasi listrik atau terbakar. Nyeri saraf bisa terjadi di mana saja, tetapi sangat umum terjadi di kaki dan tangan.

Orang yang mengalami gejala tersebut sebaiknya menghubungi dokter. Kemerahan, bengkak, atau rasa hangat di kaki dapat mengindikasikan urgensi medis yang membutuhkan perhatian segera di ruang gawat darurat.

Siapapun yang mengalami salah satu gejala di atas harus segera memeriksakan diri ke dokter, apakah mereka menderita diabetes atau tidak, karena mereka mungkin menderita diabetes tanpa menyadarinya.

Semakin cepat seseorang mulai mengelola gula darah tinggi, semakin besar peluang mereka untuk memperlambat kemajuannya dan mengurangi risiko komplikasi

Adapun kondisi tersebut merupakan salah satu efek jika diabetes tak dikelola dengan baik.

Bagaimana pun diabetes dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang, dan jika kadar gula darah tetap tinggi, hal ini juga dapat mengancam jiwa.

Jika diabetes tersebut tak terkendali dengan tidak diimbanginya dengan perubahan gaya hidup, maka akan ada efek-efek lanjutan berupa komplikasi berbagai penyakit.

Solusinya, Anda harus berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih baik.

Sebagaimana diketahui, orang yang tidak mengelola diabetesnya berisiko mengalami peningkatan kadar gula dalam darah yang berbahaya. Ini dapat memicu serangkaian gejala, mulai dari perubahan suasana hati hingga kerusakan organ.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved