Breaking News:

Psikolog UGM: Anak-Anak Diprediksi Mengalami Dampak Terbesar Pandemi, Ini Penjelasannya

Anak-anak diprediksi akan mengalami dampak yang jauh lebih parah dan lama akibat pandemi dibanding kalangan usia lainnnya.

Tangkapan Layar
Dosen Fakultas Psikologi UGM sekaligus Kepala Centre for Public Mental Health (CPMH) Fakultas Psikologi UGM, Diana Setiyawati (kanan) dalam webinar Sonjo Angkringan #42, Minggu (31/1/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Anak-anak diprediksi akan mengalami dampak yang jauh lebih parah dan lama akibat pandemi dibanding kalangan usia lainnnya. 

Hal itu disampaikan Dosen Fakultas Psikologi UGM sekaligus Kepala Centre for Public Mental Health (CPMH) Fakultas Psikologi UGM, Diana Setiyawati. 

Diana menuturkan, belajar dari wabah flu Spanyol 1918, sensus terhadap bayi yang dikandung pada masa itu menyatakan bahwa mereka mengalami pendidikan lebih rendah, peningkatan disabilitas, pemasukan lebih rendah, dan sosial ekonomi lebih rendah. 

Baca juga: BSU 2021 Ditiadakan, Begini Respon Pekerja di DI Yogyakarta

"Saat itu belum ada gawai dan belum zaman digital," kata Diana dalam webinar Sonjo Angkringan #42, Minggu (31/1/2021).

Ia melanjutkan, ketika pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi satu-satunya pilihan aman, ada sisi positif dan negatif. 

Sisi positif tersebut di antaranya, anak-anak bisa mengembangkan self regulated learning atau memanajemen sendiri pembelajaran, menjadi independent learner (pembelajar independen), dan mendapat kesempatan belajar keterampilan hidup. 

"Anak-anak seperti inilah yang akan menjadi pemimpin masa depan. Kesempatan bagi keluarga untuk mendidik nilai-nilai hidup di situasi pandemi ini. Orang tua bisa memantau langsung apakah anak jujur, apakah mereka berkontribusi dalam kerja kelompok misalnya," imbuhnya. 

Sedangkan, sisi negatifnya antara lain kecanduan gawai/game, terdistraksi bahkan putus belajar, dan tidak bersemangat belajar. 

Menurut Diana, parenting harus mencakup tiga hal, yaitu stimulasi, edukasi, dan supervisi.

Halaman
12
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved