Breaking News:

Kesehatan

Dokter Spesialis Paru RSA UGM Jelaskan Pentingnya Program Vaksinasi COVID-19 di Situasi Saat Ini

Menurutnya, program vaksinasi penting dilakukan karena positivity rate COVID-19 di Indonesia saat ini sudah mencapai 25,9 persen.

Tangkapan layar webinar #UGMUpdate Ngobrol tentang Vaksin, Kamis (21/1/2021).
Dokter spesialis paru dari rumah sakit akademik (RSA) UGM, dr Astari Pranindya Sari, SpP (kiri) dalam webinar #UGMUpdate Ngobrol tentang Vaksin, Kamis (21/1/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Program vaksinasi COVID-19 di Indonesia tahap pertama telah mulai dilakukan sejak pertengahan Januari 2021.

Sasaran pertama program vaksinasi adalah kalangan tenaga kesehatan. 

Berikutnya, vaksinasi juga akan dilakukan kepada kalangan masyarakat lainnya, yakni petugas pelayan publik, orang dengan kerentanan dan usia lanjut, hingga pelaku ekonomi dan kalangan pemuda. 

Dokter spesialis paru dari rumah sakit akademik (RSA) UGM, dr Astari Pranindya Sari, SpP, menjelaskan mengapa program vaksinasi penting dilakukan saat ini dan masa yang akan datang. 

Baca juga: Pakar Epidemiologi Klinik UGM Jelaskan Beberapa Faktor Seseorang Tak Mau Terima Vaksin COVID-19

Pertama, kata dia, program vaksinasi penting dilakukan karena positivity rate COVID-19 di Indonesia saat ini sudah mencapai 25,9 persen.

Padahal, suatu penyakit baru bisa disebut terkendali jika positivity rate berada di angka 5 persen. 

"Suatu penyakit disebut terkendali apabila positivity rate-nya 5 persen. Jadi kita 5 kali lipat di atas nilai itu," ucapnya dalam webinar #UGMUpdate, Kamis (21/1/2021). 

Kedua, lanjut Astari, Ro atau tingkat penularan COVID-19 mencapai 2,25.

"Ro adalah bila seseorang terinfeksi COVID-19, kans dia untuk menularkan ke orang lain berapa orang. Ro COVID-19 ini 2,25, jadi 1 orang yang terinfeksi paling tidak bisa menginfeksi 3 orang, 3 orang itu masing-masing bisa menularkan ke 3 orang lainnya," ungkapnya. 

Halaman
12
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved