Breaking News:

Magelang

Sempat Tertutup Material Longsor, Jalan Magelang Boyolali Akhirnya Sudah Bisa Dilewati

Sempat Tertutup Material Longsor, Jalan Magelang Boyolali Akhirnya Sudah Bisa Dilewati

Penulis: Rendika Ferri K | Editor: Hari Susmayanti
Foto Kades Wonolelo
Jalan antara Kabupaten Boyolali dan Magelang, di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, yang tertutup karena longsor, sekarang sudah dapat dilewati kembali, Rabu (13/1/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Jalan antara Kabupaten Boyolali dan Magelang, di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, yang tertutup karena longsor, sekarang sudah dapat dilewati kembali.

Material longsor yang menutup jalan telah dibersihkan menggunakan alat berat.

Kepala Desa Wonolelo, Marpomo, mengatakan, akses jalan sudah bisa dilewati pada pukul 16.00 WIB, setelah material longsor dibersihkan menggunakan alat berat yang didatangkan dari Bina Marga Provinsi Jawa Tengah. Meski sudah bisa dilewati, ia meminta pengguna jalan dapat berhati-hati saat melewati jalan tersebut.

"Jalan sudah bisa dilewati harus hati-hati. Sekitar pukul 16.00 WIB,” katanya, Rabu (13/1/2021).

Mencegah hal serupa terjadi, Pemdes Wonolelo berkoordinasi dengan Polsek, Koramil dan pemerintah kecamatan Sawangan untuk melakukan antisipasi.

Jalan akan ditutup jika terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi. Jalan dialihkan menuju Desa Sengi di Magelang dan Desa Tlogolele dan Jrakah di Boyolali.

“Kalau hujan deras intensitas tinggi, durasi juga panjang tetap kami tutup demi keamanan. Mungkin ditutup dari Wonolelo, jadi depan Kecamatan Sawangan harus dikasih rambu-rambu jalur bisa lewat Sengi, Tlogolele, Jrakah,” ujarnya.

Baca juga: BREAKING NEWS: Akses Jalan Boyolali Magelang Tertutup Longsor, Berikut Jalur Alternatifnya

Baca juga: BREAKING NEWS: Longsor di Magelang, Satu Pengendara Sepeda Motor Ditemukan Meninggal Dunia

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, longsor menimbun jalan yang menghubungkan Kabupaten Magelang dan Boyolali, di Dusun Wonolelo, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Rabu (13/1/2021). Akibatnya jalan belum dapat dilewati.

Hujan mengguyur kawasan sekitar lokasi sejak semalam tadi. Akibatnya, tebing yang ada di samping jalan mengalami longsor.

Kejadian tersebut terjadi pada Selasa (12/1/2021) malam sekitar pukul 21.00 WIB. Saat hendak dibersihkan pada Rabu (13/1/2021) pagi tadi, longsor susulan kembali terjadi, sehingga jalan belum bisa dilewati.

Tebing yang longsor setinggi 25 meter dan materialnya menutup jalan. Akses jalan yang tertutup longsoran pun mulai dibersihkan. Alat berat dikerahkan untuk membersihkan material. Sekitar pukul 16.00 WIB, material longsor berhasil dibersihkan dan jalan bisa dilewati kembali.(Tribunjogja/Rendika Ferri Kurniawan)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved