Breaking News:

Begini Pengakuan Ekspatriat di Arab Saudi Setelah Disuntik Vaksin Covid-19

Beberapa warga asing atau ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi menceritakan pengalaman mereka menerima suntikan vaksin Covid-19

IST
Ilustrasi vaksin covid 19 

TRIBUNJOGJA.COM, RIYADH - Beberapa negara di dunia bersiap melakukan vaksinasi agar terhindar dari Covid-19.

Bahkan di antaranya telah melakukan vaksinasi terhadap sebagian warga negaranya yakni berdasarkan skala prioritas ataupun pertimbangan lainnya.

Vaksinasi juga dilakukan di Arab Saudi.

Beberapa warga asing atau ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi menceritakan pengalaman mereka menerima suntikan vaksin Covid-19 di ibu kota Riyadh, Sabtu (2/1/2021).

Baca juga: Imbas Harga Kedelai Impor Naik, Mulai Mogok Produksi, Stok Tahu Tempe Berkurang, Hingga Tuntutan

Baca juga: Materai Rp 10.000 Mulai Berlaku Awal Tahun Ini, Dokumen Bermaterai Menjadi Rp 5 Juta

Melansir Al Arabiya, proses vaksinasi di Arab Saudi berjalan lancar dari awal registrasi sampai proses vaksinasi kepada semua warga dari latar belakang negara manapun.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah mengonfirmasi 163 kasus infeksi Covid-19 pada Jumat (1/1/2021), menambah total infeksi keseluruhan menjadi 362.000 kasus di kerajaan itu.

Dalam waktu 24 jam terakhir, sebanyak 189 pasien Covid-19 dilaporkan pulih, menambah total kesembuhan pasien menjadi 353.004 orang.

Salah satu warga dari India mengatakan bahwa dia mulanya merasa takut divaksin namun kemudian dia mau setelah melihat banyak orang tampak senang disuntik.

"Pemerintah Saudi, Kementerian Kesehatan Saudi telah memberi saya kesempatan untuk vaksinasi. Saya sangat berterima kasih kepada mereka." 

"Saya sangat terkesan dengan pengorganisasiannya secara keseluruhan. Biasanya vaksinasi akan memakan prosedur panjang. Namun nyatanya, saya lihat semuanya terorganisir dengan baik, ketika sampai di tempat parkir, saya diberitahu akan ke mana, dan cara mereka menghormati tiap warga negara," ungkap seorang warga dikutip Al Arabiya.

"Tidak sulit bagi saya untuk menemukan tempat dan banyak perawat dan petugas yang akan membantu Anda. Jadi, ini sangat sistematis. Fasilitasnya sangat bersih dan mereka akan memberi Anda layanan yang sangat baik, jadi tidak perlu khawatir soal vaksin ini," ujar seorang warga dari Filipina.

Baca juga: Harapan Bupati Kulon Progo Sutedjo di Tahun 2021, Mulai Infrastruktur Hingga Pertanian

Baca juga: JANGAN BOLOS, Besok Hari Pertama ASN Masuk Kerja di Tahun 2021, Ini Pesan BKD DI Yogyakarta

“Saya pikir itu luar biasa, sangat efisien, dan sangat mudah mulai dari pendaftaran sampai divaksin," kata salah satu pasangan warga asing kepada Al Arabiya.

Menteri Dalam Negeri Saudi dan anggota Dewan Menteri Arab Saudi, Ibrahim Al Assaf, juga menerima vaksin Covid-19 pada Sabtu, menurut kantor berita pemerintah Saudi Press Agency (SPA). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seperti Apa Pengalaman Vaksinasi Para Ekspatriat yang Tinggal di Saudi?"

Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved