Breaking News:

Malam Tahun Baru

Puncak Sosok Bantul Tutup Saat Malam Tahun Baru, Ini Pertimbangan Pengelola

Destinasi wisata malam, Puncak Sosok, di Kalurahan Bawuran, Pleret, Bantul dipastikan tutup sementara saat malam tahun baru 2021.

(istimewa)
Informasi penutupan Puncak Sosok 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Destinasi wisata malam, Puncak Sosok, di Kalurahan Bawuran, Pleret, Bantul dipastikan tutup sementara saat malam tahun baru 2021.

Pengelola memilih menutup destinasi, dengan sejumlah pertimbangan. Satu di antaranya untuk menghindari terjadinya kerumunan massa.

"Sekarang kan masih situasi pandemi, kami menghindari kerumunan. Apalagi, kasus Covid-19 di Bantul melonjak. Makanya, kami memilih tutup sementara," kata Ketua Pengelola puncak sosok, Rudy Haryanto, dihubungi, Rabu (30/12/2020). 

Baca juga: Penjelasan Menko Polhukam Mahfud MD soal Pembubaran FPI, Status Hukum hingga Larangan Kegiatan

Baca juga: BREAKING NEWS : RESMI, Pemerintah Indonesia Bubarkan dan Hentikan Seluruh Kegiatan FPI

Menurutnya, penutupan berlaku sementara selama 18 jam, atau sejak pukul 12.00 WIB siang, pada 31 Desember 2020 sampai pukul 06.00 WIB, 1 Januari 2021.

Selain karena mengindari kerumunan, alasan penutupan destinasi juga menghormati surat edaran dari Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pariwisata, bahwa seluruh destinasi wisata saat malam pergantian tahun baru diminta tutup. 

Rudy mengungkapkan, pada tahun 2020 lalu, kunjungan ke Puncak Sosok saat malam puncak pergantian baru sangat tinggi, mencapai 10.000 wisatawan.

Jumlah tersebut berdasarkan tiket masuk yang diberikan.

Para pengunjung menikmati momen pergantian tahun dan membubarkan diri sekitar pukul 01.00 hingga 02.00 pagi, bahkan sebagian di antaranya ada yang bertahan dengan camping di lokasi. 

Berkaca dari pengalaman itu, pihak pengelola Puncak Sosok akhirnya memilih menutup sementara destinasi.

Sebab, akan kewalahan untuk menegakkan protokol kesehatan dengan jumlah kunjungan sebanyak itu.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved