Breaking News:

Ikuti Surat Edaran Bupati Klaten, Umbul Ponggok Tutup Selama Libur Natal dan Libur Tahun Baru 2021

SE tersebut dikeluarkan pada Rabu (23/12/2020) lalu dan mulai efektif diberlakukan bagi seluruh objek wisata air di Klaten pada Kamis (24/12/2020)

Tribunjogja/ Almurfi Syofyan
Penampakan objek wisata Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten beberapa waktu lalu 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Objek wisata Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten memilih untuk tutup selama libur Natal 2020 dan libur Tahun Baru 2021.

Penutupan objek wisata air itu dilakukan guna mengikuti Surat Edaran (SE) Nomor: 443.1//758/13 tentang Penutupan Kembali Obyek Wisata Tirta pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Klaten, yang diterbitkan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani.

SE tersebut dikeluarkan pada Rabu (23/12/2020) lalu dan mulai efektif diberlakukan bagi seluruh objek wisata air di Klaten pada Kamis (24/12/2020) hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Kami di Umbul Ponggok mengikuti intruksi dari Pemerintah Kabupaten untuk menutup objek wisata. Kami sudah tutup sejak tanggal 24 itu," ujar Kepala Divisi Wisata Berdesa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Tirta Mandiri, Desa Ponggok, Suyantoko pada Tribunjogja.com, Selasa (29/12/2020).

Baca juga: Pemkab Klaten Kembali Tegaskan, Panggung Hiburan Perayaan Malam Tahun Baru Tak Diizinkan

Baca juga: Warga Terdampak Tol Yogyakarta-Solo di Klaten terima Uang Ganti Rugi Tertinggi Senilai Rp 1,5 Miliar

Ia mengatakan, sebelum keluarnya SE penutupan objek wisata air tersebut, pihaknya sudah banyak mendapatkan pesanan dari wisatawan untuk berwisata di Umbul Ponggok saat libur akhir tahun.

Namun semua pesanan itu terpaksa dibatalkan karena Umbul Ponggok memilih tutup karena mengikuti SE Bupati.

"Kalau yang batalkan bookingan ada. Cukup banyak. Tapi mereka menerima alasannya karena ini untuk mencegah pandemi," katanya.

Suasana objek wisata Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jumat (30/10/2020).
Suasana objek wisata Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jumat (30/10/2020). (TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan)

Menurutnya, Umbul Ponggok direncanakan bakal ditutup hingga Jumat, 1 Januari 2021 mendatang, demi mencegah terjadinya ledakan sebaran COVID-19 saat libur akhir tahun.

"Ini juga untuk menghindari terjadinya penyebaran COVID-19. Jadi kita tutup pada libur akhir tahu ini," ucapnya.

Ia mengatakan, selama objek wisata Umbul Ponggok ditutup, praktis seluruh usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berjualan di dalam objek wisata juga terdampak imbasnya.

Baca juga: Jumlah Pengungsi Gunung Merapi yang Bermalam di Tempat Evakuasi Desa Tegalmulyo Klaten Menurun.

Baca juga: Pemkab Klaten Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan di Objek Wisata Alam Selama Libur Nataru

Para pedagang itu, lanjut dia, mengalihkan usaha dengan berjualan angkringan pada saat malam hari agar terus mendapatkan pemasukan saat objek wisata di tutup.

"Kalau pedagang yang terdampak imbas itu sebagian menyiasati dengan membuka warung malam dan ada juga yang buka usaha laundry," jelasnya.

Suyantoko mengatakan, pedagang dan pelaku objek wisata di Umbul Ponggok memang diminta untuk kreatif selama objek wisata itu ditutup.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Budaya Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Sri Nugroho, menegaskan untuk objek wisata air di Klaten hingga saat ini masih ditutup sesuai dengan surat edaran (SE) Bupati Klaten.

"Objek wisata air masih tutup ya. Tim sudah memantau juga ke lapangan untuk memastikannya," ucapnya. (*)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved