Breaking News:

Tidak Seperti Motor Biasa, Begini Cara Perawatan Motor Balap Menurut AHRT

Bberbeda dengan motor biasa, Astra Honda Racing Team (AHRT) memaparkan beberapa perbedaan penting yang harus diperhatikan dalam merawat motor balap

DOK. Astra Honda Racing Team (AHRT)
Astra Honda Racing Team (AHRT) membeberkan cara tepat merawat motor balap ketika lama tidak digunakan. 

TRIBUN-JOGJA.com – Tahun 2020 memberikan tantangan tersendiri untuk perawatan sepeda motor balap.

Sama halnya dengan motor harian, tunggangan untuk balap juga perlu perhatian, khususnya karena minim penggunaannya dalam masa pandemi. 

Chief Mechanic Astra Honda Racing Team (AHRT) I Made Yoga Widnyana menjelaskan, pada dasarnya perawatan motor harian dan motor balap sama.

Namun sebelum beranjak ke perawatan, pemilik motor balap wajib mengetahui perbedaan mendasar, yaitu beban dan rentang kerja. 

“Semua motor balap, bahkan yang dikembangkan dari motor produksi massal, harus menanggung beban kerja jauh lebih tinggi ketimbang motor harian,” ucap Yoga.

Menurut penuturan  Yoga, beban kerja ini sangat sangat berpengaruh pada  usia pakai berbagai suku cadang. Ini yang wajib diketahui sebagai dasar melakukan perawatan

Sebagai gambaran, di AHRT, usia pakai rantai motor balap Honda CBR250RR di ajang ARRC kelas AP250 sekitar 650 km.

Oleh karena itu, tim dan mekanik balap yang baik selalu akan mencatat usia pakai semua parts (dalam km) penting seperti rantai motor, mesin, oli mesin, dan lain sebagainya. 

Lalu, ada rentang kerja. Motor balap dituntut selalu memberikan performa terbaik di lintasan, maka rentang kerja dari tiap parts yang bisa diatur menjadi sangat sempit karena disesuaikan dengan kebutuhan motor balap yang spesifik.

Contohnya adalah pada temperatur. Secara optimal, temperatur mesin berada di kisaran 70-85 derajat celcius. Jika terlalu dingin performa mesin jadi tak optimal.

Halaman
1234
Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved