Breaking News:

Pilkada Klaten 2020

Strategi One Krisnata - Muhammad Fajri untuk Siapkan Generasi Muda Siap Kerja di Wilayah Klaten

One Krisnata - Muhammad Fajri memiliki strategi tersendiri untuk mengatasi persoalan angkatan kerja usia muda di Klaten.

Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/Almurfi Syofyan
Paslon Bupati-Wakil Bupati Klaten, One Krisnata-Muhammad Fajri (ORI), saat ditemui pada debat publik putaran pertama Pilkada Klaten di Al Hakim Convention Hall, Jumat (20/11/2020) 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Banyaknya masyarakat Klaten, terutama generasi muda, yang bekerja di luar wilayah Klaten menjadi satu perhatian pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati nomor urut 2, One Krisnata dan Muhammad Fajri (ORI).

Menurut paslon ORI, salah satu faktor yang membuat warga Klaten merantau ke luar wilayah untuk bekerja adalah minim dan terbatasnya lapangan pekerjaan di kabupaten Bersinar ini.

Calon bupati Klaten nomor urut 2, One Krisnata, menyebut sebagian masyarakat Klaten memang lebih memilih bekerja di kota-kota sebelah, semisal Solo, Yogyakarta atau Semarang, dibanding bekerja di kampung halaman sendiri.

"Ini memang fenomena menarik, bahwa teman-teman muda di Klaten lebih suka bekerja di luar kota ketimbang di kampung halaman sendiri," ujar One belum lama ini.

Baca juga: One Krisnata - Muhammad Fajri Janji Akan Memimpin Klaten dengan Hati

Baca juga: Cawabup Klaten Muhammad Fajri Serap Aspirasi dari Pelaku Seni dan Budaya, Ini Komitmen Paslon ORI

Selain itu, ia pun memiliki strategi tersendiri untuk mengatasi persoalan angkatan kerja usia muda di Klaten.

Menurutnya, persoalan tersebut penting untuk diperhatikan, agar anak-anak muda siap kerja di Klaten, khususnya bagi mereka yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

"Kami akan mengaktifkan Balai-balai Latihan Kerja, di tempat tersebut kami akan didik anak-anak muda siap kerja di Klaten, terutama yang lulusan SMA dan SMK yang tidak siap untuk melanjutkan ke perguruan tinggi," papar ketua DPC Partai Demokrat Klaten ini.

Calon bupati Klaten nomor urut 02, One Krisnata
Calon bupati Klaten nomor urut 02, One Krisnata (dok.istimewa/@one.krisnata)

One pun menuturkan, dirinya yang berpasangan dengan Muhammad Fajri, siap menyalurkan anak-anak muda tersebut ke perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Klaten.

Langkah tersebut, kata One, merupakan hal penting demi menyalurkan tenaga kerja, khususnya generasi muda Klaten.

"Kalau hanya dilatih tidak disalurkan akan menjadi percuma. Besok, pemerintah harus menjadi penanggung jawab terhadap penyaluran tenaga kerja, khususnya generasi muda," tandas pengusaha bidang perhotelan tersebut.

Baca juga: Program Paslon ORI Atasi Masalah Pembelajaran Siswa dan Sektor Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

Baca juga: Usung Konsep Pemerintahan Bottom Up, One Krisnata Ajak Masyarakat Bersama-sama Membangun Klaten

Dalam kontestasi Pilkada Klaten 2020, paslon One Krisnata - Muhammad Fajri (ORI) diusung oleh koalisi tiga partai politik.

Adapun, tiga parpol tersebut yakni Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra.

Mengusung jargon 'Makmurkan Bumi Sejahterakan Umat,' paslon ORI menawarkan sejumlah misi utama yakni pendidikan, pertanian, perekonomian, kesehatan, ketenagakerjaan hingga seni dan budaya. 

( tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved