Breaking News:

Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-75 PGRI, Guru di Yogyakarta Mesti Lebih Profesional

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Yogyakarta merayakan peringatan Hari Guru sekaligus HUT ke-75 PGRI, Rabu (25/11/2020)

Penulis: Yosef Leon Pinsker | Editor: Kurniatul Hidayah
IST
Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba yang digelar dalam peringatan HUT PGRI ke-75 dan Hari Guru Nasional, Rabu (25/11/2020) di SMKN 3 Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Yogyakarta merayakan peringatan Hari Guru sekaligus HUT ke-75 PGRI, Rabu (25/11/2020) di SMKN 3 Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu, digelar sejumlah kegiatan yang bertujuan untuk menuntut para guru kian kreatif, kompeten dan profesional di masa pandemi Covid-19. 

Ketua Panitia HUT ke-75 PGRI Kota Yogyakarta, Muhammad Yuferi mengatakan, kualitas pendidikan merupakan sebuah rangkaian panjang dan merupakan sinergitas yang kompleks antara kapabilitas guru, sarana yang lengkap, lingkungan kondusif, serta peserta didik yang mempunyai kesiapan belajar.

Baca juga: Jelang Libur Akhir Tahun, Harga Kebutuhan Pokok di Kulon Progo Terpantau Cukup Stabil

Baca juga: Arahan Prabowo Subianto ke Gerindra Setelah Menteri KKP Edhy Prabowo Ditangkap KPK

Selain itu, juga dipengaruhi kematangan dalam aspek psikologis, partisipasi masyarakat serta aspek lainnya demi terwujudnya sumber daya manusia yang unggul dan handal. 

Dijelaskannya, keberhasilan proses pendidikan salah satunya tergantung dari proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Berubahnya karakteristik anak didik di era globalisasi seperti saat ini menuntut adanya pergeseran paradigma dalam pembelajaran. 

Dalam paradigma baru tersebut guru tidak lagi sebagai pengontrol anak didik, tetapi diharapkan dapat lebih banyak memberi kesempatan kepada anak didik untuk mengeksplorasi kemampuan fisik dan intelektualitasnya serta kontrol diri melalui rangsangan-rangsangan kreatif guru.

"Momentum hari guru ini diharapkan untuk lebih mengukuhkan komitmen bersama dalam mempertahankan predikat Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan yang unggul. Mari rapatkan barisan, kita bangun negeri ini dengan memberikan yang terbaik kepada anak-anak kita”, ujarnya. 

Baca juga: Segini Kadar Kolesterol Normal Dalam Darah, Berikut Cara Mengontrol dan Mencegah Kolesterol Tinggi

Baca juga: Digelar Secara Online, Rektor UIN Sunan Kalijaga Wisuda 995 Lulusan Sarjana, Magister dan Doktor

Pada peringatan HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun ini, PGRI Kota Yogyakarta telah mengadakan sejumlah kegiatan yang berlangsung mulai bulan Oktober sampai November 2020.

Puncak acara dilaksanakan pada tanggal  25 November 2020 berupa webinar yang diikuti oleh semua guru se-Kota Yogyakarta. 

"Melalui kegiatan di berbagai tingkat dan jenjang ini diharapkan mampu meningkatkan eksistensi PGRI, menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi, serta membangun solidaritas dan kesetiakawanan anggota. Selain itu juga diharapkan mampu meningkatkan semangat anggota dan menggugah pihak lain untuk berperan maksimal dalam memuliakan guru dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, termasuk menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi guru yang kuat dan bermartabat," pungkas dia. (jsf)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved