Breaking News:

Yogyakarta

Pemda DIY Anggarkan Rp18 Miliar untuk Bangun Saluran Primer Bendung Kamijoro

Pemda DIY Anggarkan Rp18 Miliar untuk Bangun Saluran Primer Bendung Kamijoro

TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Presiden Jokowi resmikan Bendung Kamijoro 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir Desember 2019 lalu, kini pemerintah DIY terus berupaya memaksimalkan air dari bendung tersebut untuk keperluan irigasi di Kabupaten Bantul.

Kepala Bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUPESDM) DIY R.Tito Asung Kumoro Wicaksono menyampaikan kondisi saluran pembawa primer membutuhkan pemeliharaan.

Dari panjang total saluran primer yakni mencapai 1,8 kilometer, pihaknya baru menggarap sepanjang 390 meter.

"Setelah pembangunan Bendung Kamijoro itu kan kami ambil saluran primer. Itu nanti masuk ke terowongan. Kemudian keluar nanti dialirkan ke irigasi lahan pertanian," katanya, saat dihubungi Tribunjogja.com, Minggu (22/11/2020).

Ia menegaskan, anggaran yang digunakan untuk tahun ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DIY 2020.

Baca juga: Nasib Kelanjutan Distribusi Air Bersih dari Bendungan Kamijoro, Ini Penjelasan Sri Sultan HB X

Sementara untuk sisanya yakni sekitar 1.410 meter saluran primer tersebut akan dilanjutkan pengerjaannya tahun 2021.

"Yang tahun ini revitalisasi dari DAK. Akan dilanjut tahun depan dengan anggaran sekitar Rp18 miliar. Tapi itu belum final ya," urainya.

Pria yang akrab disapa Tito ini mengatakan jika saluran primer tersebut merupakan buatan Belanda sejak puluhan tahun silam.

Kendala dalam pengerjaan revitalisasi saluran primer tersebut, menurutnya lantaran kontur pengerjaan berada di area perbukitan.

"Kami mengantisipasi adanya longsor dari atas bukit. Sehingga pengerjaan baru selesai 390 meter," ujar Tito. (Tribunjogja/Miftahul Huda)

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved