Breaking News:

Mudah Dilakukan, Berikut 12 Cara Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2

Diperkirakan bahwa, hingga 70 persen orang dengan pradiabetes terus mengembangkan Diabetes Tipe 2. Kondisi ini memang mengkhawatirkan.

dok.istimewa
Ilustrasi 

Penyakit Diabetes Tipe 2 biasanya terjadi pada usia di atas 40 tahun, tetapi bisa juga timbul pada usia di atas 20 tahun.

Tribunjogja.com - Penyakit Diabetes merupakan penyakit yang berkaitan dengan kadar gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu penyakit Diabetes sering dikenal dengan sebutan penyakit kencing manis.

Diabetes ada beberapa jenis. Penyakit Diabetes Tipe 2 adalah penyakit kronis yang telah menyerang banyak orang di seluruh dunia.

Dibanding Diabetes tipe 1, penyakit Diabetes Tipe 2 lebih sering dijumpai. Bahkan, 90-95 persen penderita diabetes dilaporkan adalah Diabetes Tipe 2.

ilustrasi diabetes
ilustrasi diabetes ((simpson33))

Penyakit Diabetes Tipe 2 biasanya terjadi pada usia di atas 40 tahun, tetapi bisa juga timbul pada usia di atas 20 tahun.

Pada Diabetes tipe 2, pankreas masih bisa membuat insulin, tapi kualitas insulinnya buruk, sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik sebagai kunci memasukkan gula ke dalam sel.

Akibatnya, kadar gula darah menjadi meningkat. Penderita Diabetes tipe 2 biasanya tidak perlu tambahan suntikan insulin dalam pengobatannya.

Tapi, mereka memerlukan obat untuk memperbaiki fungsi insulin tersebut, termasuk untuk menurunkan gula dan memperbaiki pengolahan gula di hati.

Baca juga: Cegah Sebelum Terlambat : Ini 6 Langkah Menurunkan Risiko Diabetes

Selain karena kualitas insulin buruk, Diabetes tipe 2 bisa terjadi karena sel-sel jaringan tubuh dan otot penderita tidak peka atau sudah resisten terhadap insulin, sehingga gula tidak dapat masuk ke dalam sel dan akhirnya tertimbun dalam peredaran darah.

Keadaan ini pada umumnya terjadi pada pasien yang gemuk atau mengalami obesitas. Pada kasus yang tidak terkontrol, Diabetes tipe 2 di antaranya dapat menyebabkan komplikasi berbahaya, seperti kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, dan kondisi serius lainnya.

Halaman
1234
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved