Breaking News:

Bisnis

AP 1 Siapkan Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Libur Panjang

AP 1 mempersiapkan berbagai upaya untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan pada libur panjang.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Sri Cahyani
Penumpang yang hendak cek in di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - PT Angkasa Pura I (AP 1) mempersiapkan berbagai upaya untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan pada libur panjang yang jatuh mulai Rabu (28/10/2020) sampai dengan Minggu (1/11/2020).

Hal ini juga bersamaan dengan adanya stimulus pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U) bagi penumpang yang ditanggung oleh pemerintah di 13 bandara di Indonesia.

Satu diantaranya di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) yang berada di Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas dan Daya Saing Produk Lokal, Pemkab Kulon Progo Gandeng PT Angkasa Pura I

Sebab dengan adanya PJP2U tersebut turut berpengaruh terhadap harga tiket pesawat terbang yang lebih murah dimana mendapat penurunan sekitar Rp 100-150 ribu.

"Kami dari YIA akan mengantisipasi karena prediksi kenaikannya bisa mencapai 40 persen. Secara trafik sudah ada kenaikan 23 persen dari jumlah trafik yang ada. Biasanya hanya 40 penerbangan, semalam ada 52 penerbangan dimana didominasi tujuan Jakarta sebanyak 20 penerbangan baik dari Halim Perdanakusuma maupun Cengkareng," tutur Agus Pandu Purnama, PTS General Manager PT Angkasa Pura I, Senin (26/10/2020).

Ia mencatat dengan adanya peningkatan sekitar 23 persen artinya terdapat sebanyak 5042 penumpang yang biasanya hanya mencapai 4000 penumpang.

Baca juga: PT Angkasa Pura I Ajak Penumpang dan Petugas di Bandara YIA Ikuti Upacara Peringatan HUT ke-75 RI

Oleh sebab itu, dengan adanya stimulus PJP2U dan libur panjang yang dapat menimbulkan lonjakan penumpang menjadikan AP 1 tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sangat ketat bagi publik dan pengguna jasa penerbangan.

Mengingat Bandara YIA juga digunakan sebagai destinasi liburan bagi masyarakat sekitar di Yogyakarta.

"Kami akan melihat kondisi physical distancing tapi kalau untuk lokasi saya kira tidak ada masalah karena Bandara YIA memiliki lokasi yang cukup luas," katanya.

Selain terkait penerapan protokol kesehatan, AP 1 juga telah menyiapkan moda transportasi sekitar 450 armada yang bisa mengantar jemput penumpang baik transportasi umum maupun taxi. (TRIBUNJOGJA.COM)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved