Breaking News:

Insiden Layangan Tersangkut di Pesawat, Pilot Lihat Banyak Layangan Sebelum Mendarat di Adisutjipto

Sebuah layangan dikabarkan tersangkut di bagian badan pesawat maskapai Citilink dengan nomor penerbangan QZ 1107

IST
Ada layang-layang yang dilaporkan tersangkut di pesawat Citilink saat hendak mendarat di Bandara Adisucipto pada Jumat 23 Oktober 2020. Beruntung tidak terdapat korban dalam insiden itu 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebuah layangan dikabarkan tersangkut di bagian badan pesawat maskapai Citilink dengan nomor penerbangan QZ 1107 jenis ATR 72-600 yang hendak mendarat di Bandara Adisucipto, Jumat (23/10/2020) sore kemarin.

Pesawat yang mengangkut puluhan penumpang itu menempuh rute penerbangan dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta menuju Bandara Adisutjipto, Yogyakarta.

Beruntung pesawat masih bisa mendarat mulus dan tidak terdapat korban jiwa dalam insiden itu.

GM Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama saat dikonfirmasi wartawan pada Sabtu (24/10/2020) membenarkan adanya peristiwa itu.

Kejadian tersebut terjadi pada Jumat (23/10/2020) sore sekitar pukul 16.48 WIB.

Baca juga: Doa Ketika Turun Hujan Deras Lengkap dengan Terjemahannya

Baca juga: Hujan, Salah Satu Waktu Mustajab untuk Berdoa

"Iya ada layang-layang yang tersangkut kemarin sore, lebarnya kira-kira 50 cm tersangkut di landing gear atau ban sebelah kiri. Kejadiannya kemarin (23/10/2020) di Adisutjipto sekitar pukul 16.48 WIB," katanya.

Dia menjelaskan kejadian itu diperkirakan menimpa pesawat pada saat di final approach dengan ketinggian kira-kira 1000 kaki.

Posisi pesawat saat tersangkut layangan itu dimungkinkan berada di seputaran barat flyover Janti.

"Memang pilot melihat banyak layang-layang di sana (sekitar Janti) dan sudah dilaporkan ke petugas tower bahwa di final approach banyak sekali layang-layang tapi sulit dihindari karena itu lintasan pesawat," jelasnya.

Ada layang-layang yang dilaporkan tersangkut di pesawat Citilink saat hendak mendarat di Bandara Adisucipto pada Jumat 23 Oktober 2020.
Ada layang-layang yang dilaporkan tersangkut di pesawat Citilink saat hendak mendarat di Bandara Adisucipto pada Jumat 23 Oktober 2020. (IST)

"Dari tower juga sudah mengingatkan, ternyata pada saat mendarat ditemukan layang-layang nyangkut kira-kira dengan lebar 50 cm menyangkut di landing gear atau ban sebelah kiri," sambungnya.

Halaman
123
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Kurniatul Hidayah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved