Update Corona di DIY

Dua Pegawai Positif COVID-19, Aktivitas Setda Gunungkidul Dipastikan Tetap Normal

Dua pegawai yang bertugas di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Gunungkidul dinyatakan positif COVID-19. Hal tersebut diketahui dari laporan Dinas

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Ari Nugroho
who.int
Berita Update Corona di Daerah Istimewa Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dua pegawai yang bertugas di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Gunungkidul dinyatakan positif COVID-19. Hal tersebut diketahui dari laporan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul pada Jumat (02/10/2020).

Berkaitan dengan hasil tersebut, aktivitas administrasi dan pelayanan di kantor Setda Gunungkidul dipastikan tak terpengaruh.

"(Aktivitas) Kantor tetap berjalan seperti biasa karena diduga ada penularan dari luar," kata Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi Irawaty sore ini.

Sementara itu, Dinkes Gunungkidul akan melakukan penelusuran kontak erat (tracing contact) dari dua pegawai tersebut.

Diketahui keduanya masing-masing berasal dari Kapanewon Karangmojo dan Wonosari.

BREAKING NEWS : Dua Pegawai Setda Gunungkidul Dinyatakan Positif COVID-19

Tribun Jogja pun mencoba mengkonfirmasi informasi Dinkes tersebut pada Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul Drajad Ruswandono. Namun hingga berita ini diturunkan, ia belum merespon pesan yang dikirim.

Dua kasus ini bisa dikatakan menjadi kasus pertama dari lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, di luar Dinkes dan Puskesmas.

"Sebelumnya kami sudah melakukan swab massal pada 204 pegawai dari 4 OPD. Hasil semuanya negatif COVID-19," kata Dewi pada 29 September lalu.

OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang sudah menjalani swab massal tersebut antara lain Disdukcapil (69 pegawai), DPMPT (39 pegawai), DP3AKBPMD (37 pegawai), dan BKPPD (59 pegawai).

Berkaca dari hasil tersebut, Dewi mengatakan potensi terbentuknya kluster perkantoran di Gunungkidul masih tergolong rendah. Apalagi pegawai yang positif COVID-19, seperti di Dinkes dan Puskesmas beberapa waktu lalu diduga penularannya juga dari luar.

"Ada 14 pegawai Puskesmas dan 21 pegawai Dinkes yang positif beberapa waktu lalu. Kami menduga penularan juga bukan dari pasien," ujar Dewi.

Kemenag Gunungkidul Pastikan 34 Ponpes Aman dari COVID-19

Terpisah, Kepala Disdukcapil Gunungkidul Markus Tri Munarja merespon baik atas hasil swab pegawainya tersebut. Menurutnya, hasil tersebut membuktikan bahwa protokol kesehatan di kantornya sudah berjalan dengan baik.

Ia juga mengatakan hasil ini menjadi jaminan bahwa layanan administrasi publik di Disdukcapil Gunungkidul tetap aman dan sehat. Sebab Markus mengatakan pelayanan pada masyarakat tetap jadi prioritas.

"Kami berharap kondisi ini bisa terus bertahan ke depan, dan pastinya protokol kesehatan akan tetap kami patuhi," katanya lewat pesan singkat, Rabu (30/09/2020) lalu.(TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved