Update Corona di DIY

Pilih Isolasi di Rumah, 4 OTG Covid-19 di Kota Yogya Batal Masuk Shelter Bener

Shelter isolasi mandiri bagi orang tanpa gejala (OTG) Covid-19, di Rusunawa Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, hingga sejauh ini sudah terisi 14 orang

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Ari Nugroho
Dok Humas Pemkot Yogyakarta
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkot Yogya saat meninjau kesiapan shelter penampungan pasien OTG Covid-19 di kawasan Tegalrejo, belum lama ini. Sejumlah pasien OTG Covid-19 direncakan bisa menempati shelter tersebut mulai Selasa 22 September sore ini. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Shelter isolasi mandiri bagi orang tanpa gejala (OTG) Covid-19, di Rusunawa Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, hingga sejauh ini sudah terisi 14 orang.

Hanya saja, beberapa OTG ternyata masih enggan dirawat di sana dan memilih karantina di rumahnya sendiri.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, menurut data yang diterima pihaknya, terdapat tujuh OTG lagi yang seharusnya masuk shelter.

Akan tetapi, beberapa di antaranya, ternyata lebih nyaman menjalani isolasinya di tempat lain.

"Memang ada yang mau masuk tapi tidak jadi, karena ada yang dibawa ke RS dua orang, lalu satu orang masuk selter kampung, kemudian empat orang ya, yang katanya nyaman isolasi di rumah dan masyarakat juga mempersilakan," terangnya, dikonfirmasi Jumat (25/9/2020).

Wawali Pastikan Tak Ada Kendala untuk Isolasi 14 OTG Penghuni Shelter Rusunawa Bener

Walau begitu, Heroe memastikan, mereka yang memilih karantina di rumah sendiri, semua kebutuhan dasarnya tetap dipenuhi.

Selain dipenuhi dapur umum, tambahnya, masyarakat sekitar juga menunjukkan kepedulian tinggi, dengan bersama-sama 'merawat' pasien OTG itu.

"Bagaimanapun kalau di rumah itu kan lebih nyaman, lebih leluasa. Tapi, tetap dari Puskesmas melihat kondisi rumahnya juga, kalau tidak memungkinkan ya harus diyakinkan supaya bersedia pindah ke selter," ungkapnya.

Heroe pun berharap, pasien bisa sukarela, saat Puskesmas memberi rekomendasi untuk isolasi di Shelter, karena hal itu untuk kebaikan dirinya sendiri.

Apalagi, semua kebutuhan dasar di shelter juga dipenuhi, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir ketika karantina di sana.

Shelter Tegalrejo akan Diisi 19 OTG, 11 diantaranya Ibu Hamil

"Ya, 14 orang di sana belum ada persoalan-persoalan yang harus ditindaklanjuti. Teman-teman di sana masih nyaman dan leluasa dalam menjalani isolasi, apalagi karena isolasi dalam keadaan tanpa gejala," katanya.

"Bahkan, ada salah satu pasien berkebutuhan khusus juga yang masuk shelter. Tidak ada masalah, dia bisa mandiri ya, sejauh ini lancar," tambah Heroe. (TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved