Breaking News:

7 Tips Sederhana untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi

Ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan sehari-hari, namun besar dampaknya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

ndnr.com
ilustrasi minum air putih 

TRIBUNJOGJA.COM -Pandemi Virus Corona yang mengakibatkan COVID-19 hingga saat ini belum juga beralhir. Bahkan dari hari ke hari jumlah kasus COVID-19 terus mengalami peningkatan.

COVID-19 kini ada di sekeliling kita. Untuk mencegah dari penularan virus ini salah satunya yakni dengan menjaga daya tahan tubuh alias Imunitas kita.

Kita memang harus waspada, antara lain dengan menjaga kebersihan dan kesehatan semaksimal mungkin agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga, dan pada akhirnya jauh dari infeksi COVID-19.

ILUSTRASI Sistem Kekebalan Tubuh
ILUSTRASI Sistem Kekebalan Tubuh (WebMD)

Ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan sehari-hari, namun besar dampaknya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

1. Berjemur

Vitamin D yang dihasilan dari sinar ultraviolet-B matahari dipercaya membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Meskipun Vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan, cara terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin tersebut adalah dengan mendapatkan sinar matahari langsung atau mengonsumsi suplemen jika mengalami kekurangan.

Jenis-jenis Makanan yang Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tak Mudah Sakit

2. Tidur cukup

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh signifikan. Peneliti kesehatan tidur di University of California - San Francisco, Carnegie Mellon University dan University of Pittsburgh Medical Center menguji teori ini dengan mengekspos 164 sukarelawan terhadap virus flu melalui obat tetes hidung sambil memantau tidur mereka dan mengevaluasi kebiasaan kesehatan mereka.

Ternyata, partisipan yang tidur kurang dari lima jam memiliki kemungkinan empat setengah kali lebih besar terkena flu dibandingkan mereka yang rutin tidur tujuh jam semalam.

"Tidak tidur pada dasarnya memengaruhi kesehatan fisik kita," kata asisten profesor psikiatri di UCSF sekaligus penulis studi, Aric Prather, PhD.

Halaman
123
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved