Breaking News:

Update Corona di DI Yogyakarta

25 Orang Terjaring Operasi Penegakan Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional Kulon Progo

Operasi kedua ini merupakan lanjutan dari operasi pertama yang dilakukan pada Senin (14/9/2020) kemarin di Alun-alun Wates dan Pasar Bendungan.

istimewa
Operasi Kedua Penegakan Protokol Kesehatan di Pasar Maesan, Kapanewon Lendah dan Pasar Kenteng, Kapanewon Nanggulan pada Selasa (15/9/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Didapati sebanyak 25 orang yang melanggar protokol kesehatan yang dilakukan di pasar tradisional yang berada di Kulon Progo pada Selasa (15/9/2020).

Dengan rincian 10 orang pelanggar di Pasar Maesan, Kapanewon Lendah dan 15 orang pelanggar di Pasar Kenteng, Kapanewon Nanggulan.

Operasi kedua ini merupakan lanjutan dari operasi pertama yang dilakukan pada Senin (14/9/2020) kemarin di Alun-alun Wates dan Pasar Bendungan.

Kegiatan ini juga akan terus dilakukan sesuai dengan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 44 Tahun 2020 tentang pedoman tatanan kehidupan baru (new normal) pada masa pandemi Covid-19.

Penegakan Protokol Kesehatan Masif Dilakukan di Kulon Progo

Adapun untuk pelaksanaannya melibatkan tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Pengadilan Negeri Wates.

Sekretaris Satpol PP Kulon Progo, Hera Suwanto mengatakan pada operasi ini bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan akan diberikan sanksi ringan.

Nantinya, masyarakat yang melanggar akan dicatat KTP-nya.

Selanjutnya, mereka diminta untuk menandatangani dua lembar surat pernyataan.

"Yang satu nanti kami bawa, satunya lagi dibawa mereka sebagai pengingat pernah mendapatkan teguran simpatik dari Satpol PP," ucapnya Selasa (15/9/2020).

Selain itu, mereka juga diminta untuk membersihkan lingkungan kurang lebih selama 1 jam dengan mengenakan rompi dan kalung yang bertuliskan "Pelanggar Protokol Kesehatan".

Tidak Ada Penambahan Positif Covid-19 di Kulon Progo pada 14 September 2020

"Kami juga tidak hanya sekadar mengingatkan tetapi juga membawa stok masker yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang tidak membawa masker," katanya.

Sementara, Kepala Sub Bagian Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry mengatakan pihaknya terus melakukan operasi penegakan protokol kesehatan sampai waktu yang belum ditentukan.

Dengan target sasaran masyarakat yang tidak memakai masker saat berada di area publik.

"Kami terus melakukan operasi masker hingga terbentuk kebiasaan masyarakat patuh protokol kesehatan. Sebab kami masih melihat di pasar dan tempat umum masih didapati mereka yang tidak memakai masker," ucapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved