Breaking News:

Yogyakarta

Wagub DIY Lantik 126 Pejabat di Lingkungan Pemda DIY

Pelantikan ini merupakan upaya regenerasi dan proses leader estafet yang dilakukan di lingkungan Pemda DIY.

istimewa
Caption Wagub DIY KGPAA Paku Alam X ketika melantik pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemda DIY, di Gedung Pracimasana Kompleks Kepatihan, Senin (14/9/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja,Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X melantik 126 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemda DIY yakni 34 PNS pejabat administrator dan 92 PNS pejabat pengawas, di Gedung Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Senin (14/9/2020).

Dalam sambutannya, Paku Alam X mengatakan bahwa pelantikan ini merupakan upaya regenerasi dan proses leader estafet yang dilakukan di lingkungan Pemda DIY.

"Teriring doa dan harapan, semoga anda semua dapat menjadi inovator sekaligus navigator pelaksanaan program dan kegiatan yang tangguh, smart, bertanggung jawab dan profesional," urainya.

Ia menambahkan pejabat yang dilantik diharapkan sebagai middle manager yang memiliki karakter-karakter tertentu.

Pemkot Yogyakarta Definitifkan 3 Pejabat Tinggi di Lingkungannya

Karakter yang dimaksud ialah nyaman dengan perubahan, bersemangat dalam mencapai tujuan dengan manajemen risiko yang baik, teliti, menerapkan model manajemen partisipatif, serta mengutamakan pendekatan persuasif tekun dan bijak dalam mengelola kegiatan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY Amin Purwani mengatakan bahwa pelantikan tersebut berupa mutasi, rotasi, dan promosi kepada 126 pegawai.

"Terbagi di empat titik lokasi karena pandemi. Pracimasana 13 orang, Radyo Suyoso 43 orang, Unit 9 30 orang, dan Unit 8 40 orang," ucapnya.

Sampai saat ini, lanjutnya, untuk jumlah PNS di Lingkungan Pemda DIY yang pensiun sekitar 800 orang, yakni mulai pelaksana, administrator, sampai JPT atau Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Lantik 194 Pejabat, Bupati Sleman Terapkan Kelembagaan Baru

Ia menegaskan, kebutuhan PNS di Pemda DIY masih banyak.

Kekurangan yang ada sebagian diisi oleh tenaga bantu (naban).

"Naban kita hampir 3.000 orang. Jadi masih bisa tercover. Lalu dari CPNS besok kita kira-kira ada tambahan 718 pegawai kalau nanti teregistrasi semua," ungkapnya.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan hampir semua jabatan yang kosong sampai dengan Agustus sudah terisi, baik eselon III maupun IV.

"Harapannya tentu kaitannya dengan jabatan struktural ini akan membuat manajemennya, membuat kelembagaan itu, menjadi lengkap sehingga hambatan-hambatan pekerjaan bisa lebih dikurangi. Capaian kinerjanya bisa lebih baik," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved