Breaking News:

Mengenal Diabetes Gestasional : Meningkatnya Kadar Gula Darah Saat Hamil, Bisa Picu Hipertensi

Diabetes gestasional ini adalah kelainan yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi yang tidak normal selama kehamilan

IST
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Wanita hamil rentan menderita diabetes, yakni yang disebut diabetes gestasional.

Diabetes gestasional ini adalah kelainan yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi yang tidak normal selama kehamilan. 

Ilustrasi cek gula darah.
Ilustrasi cek gula darah. (www.healthline.com)

Biasanya, wanita yang menderita diabetes gestasional selama kehamilan, kadar gula darahnya kembali normal setelah melahirkan.

Adapun penyakit ini memiliki kemungkinan 30 hingga 70 persen untuk kambuh pada kehamilan berikutnya. Selain itu, sekitar setengah dari wanita dengan diabetes gestasional mengembangkan bentuk lain dari diabetes, yang dikenal sebagai diabetes tipe 2 , dalam beberapa tahun setelah kehamilan mereka.

Diabetes gestasional sering ditemukan selama trimester kedua kehamilan. 

Kebanyakan wanita yang terkena tidak memiliki gejala, dan penyakit ini ditemukan melalui pemeriksaan rutin di dokter kandungan mereka. 

Jika tidak diobati, diabetes gestasional meningkatkan risiko tekanan darah tinggi terkait kehamilan (disebut preeklamsia ) dan kelahiran bayi secara dini (prematur).

Bayi dari ibu penderita diabetes gestasional cenderung berukuran besar (makrosomia), yang dapat menyebabkan komplikasi saat lahir. 

Bayi yang ibunya menderita diabetes gestasional juga lebih mungkin mengembangkan kadar gula darah yang sangat rendah segera setelah lahir. 

Di kemudian hari, orang-orang ini memiliki peningkatan risiko terkena obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Halaman
123
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved