Breaking News:

Menaker Serahkan Bantuan Program Padat Karya Pertanian di Magelang

Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, menyerahkan bantuan program pemerintah Padat Karya Pertanian kepada masyarakat Kabupaten Magelang, Selasa (1/9/202

TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, menyerahkan bantuan Program Padat Karya Pertanian di Pondok Pesantren Nurul Huda, Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang, Selasa (1/9/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, menyerahkan bantuan program pemerintah Padat Karya Pertanian kepada masyarakat Kabupaten Magelang, Selasa (1/9/2020).

Padat karya pertanian ini bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja yang sempat turun dan tingkat pengangguran naik akibat pandemi.

Tujuan lainnya untuk mewujudkan ketahanan pangan dalam rangka mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan karena pandemi dan dampaknya yang terus berlarut.

"Kami menyerahkan program padat karya pertanian, ini salah satu program yang ada di Kementerian Ketenagakerjaan. Tujuannya untuk menciptakan lapangan kerja. Kedua untuk ketahanan pangan. Kenapa tujuannya menciptakan lapangan kerja, karena akibat pandemi pengangguran naik. Padat karya ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja," ujar Ida, seusai menyerahkan bantuan Program Padat Karya Pertanian di Pondok Pesantren Nurul Huda, Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang, Selasa (1/9/2020).

Menaker Sebut Angka Pengangguran Naik Menjadi 10 Juta Lebih Karena Pandemi

Ida mengatakan, pihaknya memiliki program padat karya produktif dan padat karya infrastruktur dengan total penerima 107 ribu sasaran.

Padat Karya Pertanian ini sendiri adalah salah satu dari program padat karya produktif.

"Kenapa kami memilih pertanian. Yang pertama, program ini adalah untuk perluasan kesempatan kerja. Yang kedua, untuk ketahanan pangan, jadi kami mengharapkan program padat karya produktif ini untuk pengembangan pertanian sebagai upaya kita untuk memiliki ketahanan pangan yang baik," ujarnya.

Ida sendiri mengakui jika sektor pertanian terkena dampak akibat pandemi.

Padahal sumbangsih sektor pertanian untuk ketenagakerjaan itu paling tinggi.

Halaman
12
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved