Breaking News:

Peringatan Dini BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter 3 Hari ke Depan, Ini Daftar Wilayahnya

Berikut daftar wilayah perairan Indonesia yang berpeluang terjadi gelombang tinggi hingga empat meter selama tiga hari ke depan, 19-21 Agustus 2020.

sciencemag.org
ilustrasi gelombang tinggi 

TRIBUNJOGJA.COM -Mulai Kamis 20 Agustus 2020 bertepatan dengan Tahun Baru Islam, merupakan hari libur nasional.

Tak hanya itu Jumat 21 Agustus 2020 pemerintah juga menetapkan sebagai hari libur cuti bersama. Maka akhir pekan ini merupakan libur akhir pekan panjang.

Nah bagi Anda yang berencana menghabiskan waktu berlibur terutama ke pantai ada baiknya simak peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG).

Ilustrasi: Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, Sigit Hadi Prakosa, saat menunjukkan citra radar prakiraan musim hujan yang terjadi di DIY kepada media di kantornya, Rabu (21/8/2019)
Ilustrasi: Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, Sigit Hadi Prakosa, saat menunjukkan citra radar prakiraan musim hujan yang terjadi di DIY kepada media di kantornya, Rabu (21/8/2019) (Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho)

Sebab, sejumlah wilayah pesisir dan perairan Indonesia diperingatkan agar mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi selama tiga hari ke depan atau bertepatan dengan libur panjang akhir pekan.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), peringatan dini gelombang tinggi ini dikeluarkan karena pola angin di sejumlah wilayah memiliki kecepatan angin yang bervariasi.

Pusat Tekanan Rendah tercatat mencapai 1005 hPa di Samudera Pasifik Timur Filipina, dan pola sirkulasi udara terpantau di perairan utara Papua Barat.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari tenggara-barat daya dengan kecepatan 6-20 knot.

Sama halnya dengan pola angin di wilayah selatan Indonesia dari timur-tenggara dengan kecepatan 6-20 knot.

Adapun kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Karimata, perairan selatan Kalimantan, Laut Jawa, Selat Makassar bagian selatan, dan perairan selatan Jawa.

Beberapa kondisi itulah yang mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang, Ini Daftar Wilayahnya

Halaman
1234
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved